Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualifikasi Piala Dunia 2022, Aston Villa dan Tottenham Hotspur Sepaham

Kompas.com - 31/08/2021, 21:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber FirstPost

MANCHESTER, KOMPAS.com - Kualifikasi Piala Dunia 2022 kembali berlangung pada dua pekan di September 2021.

Klub-klub sepak bola di Premier League mengambil kebijakan berkenaan dengan para pemain mereka yang bakal membela negara masing-masing pada kualifikasi itu.

Sama dengan fase-fase sebelumnya, kualifikasi di berbagai zone federasi sepak bola mesti berhadapan dengan pandemi Covid-19.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Edinson Cavani Batal Bela Uruguay

Ada klub yang memberi izin kepada pemainnya untuk pulang kampung.

Harry Maguire dan Emiliano Buendia berduel pada pertandingan Norwich City vs Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Carrow Road, 27 Oktober 2019. AFP/ADRIAN DENNIS Harry Maguire dan Emiliano Buendia berduel pada pertandingan Norwich City vs Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Carrow Road, 27 Oktober 2019.

Namun, ada juga yang tidak mengizinkan.

Info terkini menunjukkan bahwa Aston Villa dan Tottenham Hotspur sepaham, mengizinkan penggawanya membela negara masing-masing.

Pekan lalu, Aston Villa memperkenankan dua pemainnya asal Argentina, Emiliano Martinez dan Emiliano Buendia bertolak pulang mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2021.

Para pemain Argentina, termasuk Lionel Messi, merayakan gol Cristian Romero ke gawang Kolombia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan di Estadio Metropolitano Roberto Melendez, Kamis (9/6/2021).  AFP/RAUL ARBOLEDA Para pemain Argentina, termasuk Lionel Messi, merayakan gol Cristian Romero ke gawang Kolombia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan di Estadio Metropolitano Roberto Melendez, Kamis (9/6/2021).

Tapi, kedua pemain itu tak bisa bertanding membela Argentina melawan Bolivia lantaran mereka harus masuk karantina terlebih dahulu.

Kemudian, klub Tottenham Hotspur juga mengizinkan duo Argentina, Cristian Romero dan Giovani lo Celso pulang kampung.

Giovani Lo Celso bergabung ke Tottenham Hotspur dengan status pinjaman dari Real Betis, 8 Agustus 2019. TWITTER.com/SPURSOFFICIAL Giovani Lo Celso bergabung ke Tottenham Hotspur dengan status pinjaman dari Real Betis, 8 Agustus 2019.

Di media sosial, keempat pemain Argentina di atas terlihat tengah dalam perjalanan bersama.

Sebaliknya, jauh-jauh hari, manajer Liverpool Jurgen Klopp sudah meneken kebijakan empat pemainnya pulang membela negara masing-masing di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tiga dari empat pemain itu adalah Alisson Becker, Fabinho, dan Roberto Firminho berpaspor Brasil.

Kiper Liverpool, Alisson Becker, gagal mengantisipasi pergerakan dan sepakan Alexandre Lacazette yang mendapat bola akibat blunder Virgil van Dijk dalam laga Arsenal vs Liverpool, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB.AFP/POOL/Gyln Kirk Kiper Liverpool, Alisson Becker, gagal mengantisipasi pergerakan dan sepakan Alexandre Lacazette yang mendapat bola akibat blunder Virgil van Dijk dalam laga Arsenal vs Liverpool, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB.

Sementara, satu lagi adalah Mo Salah yang merupakan warga negara Mesir.

"Kami mengambil kebijakan melarang para pemain karena bila pemain berstatus positif Covid-19, yang bersangkutan akan kehilangan 10 hari latihan," kata Jurgen Klopp menegaskan.

Mohamed Salah (kiri) merayakan gol bersama Trent Alexander-Arnold (kanan) dalam laga Norwich vs Liverpool di Stadion Carrow Road, Sabtu (14/8/2021) malam WIB.AFP/JUSTIN TALLIS Mohamed Salah (kiri) merayakan gol bersama Trent Alexander-Arnold (kanan) dalam laga Norwich vs Liverpool di Stadion Carrow Road, Sabtu (14/8/2021) malam WIB.

Manchester United

Striker Manchester United Edinson Cavani (kanan/merah) menyundul bola dan diantispasi bek Villarreal Pau Torres (kedua dari kiri) pada final Liga Europa antara Villarreal vs Man United di Stadion Gdansk pada 26 Mei 2021.AFP/ALEKSANDRA SZMIGIEL Striker Manchester United Edinson Cavani (kanan/merah) menyundul bola dan diantispasi bek Villarreal Pau Torres (kedua dari kiri) pada final Liga Europa antara Villarreal vs Man United di Stadion Gdansk pada 26 Mei 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com