Kompas.com - 15/08/2021, 11:40 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berbincang bersama dua pemainnya (Febri Hariyadi dan Esteban Vizcarra), dalam uji tanding menghadapi Porda Kota Bandung, di Stadion GBLA, Sabtu (5/6/2021). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berbincang bersama dua pemainnya (Febri Hariyadi dan Esteban Vizcarra), dalam uji tanding menghadapi Porda Kota Bandung, di Stadion GBLA, Sabtu (5/6/2021).

BANDUNG, KOMPAS.com - Kehadiran pemain senior selalu dianggap penting dalam sebuah tim. Keberadaan mereka sangat dibutuhkan, terutama dalam meningkatkan team spirit, motivasi, dan proses perkembangan pemain muda.

Pentingnya kehadiran pemain senior pun dirasakan oleh Persib Bandung. Klub berjulukan Maung Bandung itu tengah dalam proses regenerasi skuad.

Meski begitu, Persib tetap mempertahankan sejumlah pemain seniornya dalam skuad musim ini.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts terkesan dengan peran dan sikap yang ditunjukkan para pemain senior di dalam timnya.

Baca juga: Wejangan Umuh Muchtar untuk Pemain Persib Sebelum Bertarung di Liga 1 2021

Sosok seperti Supardi Nasir, I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, hingga Esteban Vizcarra banyak memberikan dampak signifikan untuk membuat ruang ganti tim Persib tetap kondusif.

"Selalu, mereka juga selalu mengarahkan pemain lain. Di dalam tim kami ada beberapa pemain senior seperti Made, Supardi, Victor, Jupe, dan Esteban," kata Alberts, Sabtu (14/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alberts mengatakan, para pemain senior di dalam tim Persib tidak pernah menempatkan diri sebagai "senior" kepada para pemain muda.

Sebaliknya, mereka selalu memosisikan diri sebagai rekan tim yang selalu memberikan arahan positif demi perkembangan karier para pemain muda di tim Persib.

Hal tersebut membuat tidak adanya jarak antara pemain muda dan senior. Meski begitu, para pemain muda pun tetap menghormati para seniornya.

Baca juga: Persib Alami Krisis Kiper, Robert Alberts Tak Khawatir

"Mereka menjalankan tugasnya dengan baik dalam menjaga pemain muda. Jadi, kalian bisa lihat, ketika ada pemain muda yang bergabung dengan Persib," kata Alberts.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.