Bek Senior Bali United Beri Apresiasi kepada PSSI yang Sudah Jaga Kompetisi

Kompas.com - 30/05/2021, 11:40 WIB
Pencetak gol kedua Persipura Jayapura Todd Rivaldo Ferre (kanan) dijaga ketat Pemain Bali United, Leonard Tupamahu saat berlangsung Pekan 28 Liga 1 2019 yang berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/11/2019) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPencetak gol kedua Persipura Jayapura Todd Rivaldo Ferre (kanan) dijaga ketat Pemain Bali United, Leonard Tupamahu saat berlangsung Pekan 28 Liga 1 2019 yang berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/11/2019) sore.

BADUNG, KOMPAS.com - Bek senior Bali United Leonard Tupamahu memberikan apresiasi kepada keputusan PSSI yang tetap memberlakukan degradasi dan promosi di Liga 1 2021.

Sebelumnya, ramai ada usulan terkait penghapusan degradasi yang turut didukung oleh suara mayoritas klub-klub Liga 1.

Leonard menilai keputusan yang diambil federasi sangatlah tepat. Baginya, degradasi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah kompetisi utuh.

“Saya pikir keputusan PSSI sudah sangat tepat. Esensi dari liga itu sendiri jadi lebih terasa,” ujar mantan pemain Borneo FC itu kepada beberapa media termasuk Kompas.com.

Meski penghapusan degradasi terdengar sepele, dampaknya pada kompetisi sangatlah besar.

Baca juga: Tunggu Bali United dan Persipura, PSSI Undur Jadwal Kick-off Liga 1

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Degradasi adalah bagian dari sebuah sistem yang menjaga kompetisi di setiap lininya.

Hukuman turun kasta akan membuat peserta Liga 1 tidak hanya berlomba untuk menjadi juara, tetapi juga punya alasan untuk berjuang di papan bawah.

“Liga akan lebih kompetitif dengan adanya sistem promosi dan degradasi,” imbuhnya.

Munculnya usulan tanpa degradasi ini ditengarai karena vakum kompetisi. Klub membutuhkan waktu adaptasi kembali setelah satu tahun kompetisi.

Sehingga, dirasa perlu adanya proteksi bagi klub karena tidak semua tim memulai dari garis start sama dalam menyongsong Liga 1 2021 ini.

Baca juga: Usung Semangat di AFC Cup: Bali United Bagian dari Indonesia...

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.