Kompas.com - 11/04/2021, 12:00 WIB
Waketum PSSI Iwan Budianto berbincang bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy saat meninjau langsung pelaksanaan protokol kesehatan laga babak 8 besar Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/04/2021) malam. Dokumentasi Liga Indonesia BaruWaketum PSSI Iwan Budianto berbincang bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy saat meninjau langsung pelaksanaan protokol kesehatan laga babak 8 besar Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/04/2021) malam.

 

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy memantau secara langsung pertandingan babak 8 besar Piala Menpora 2021, Persija Jakarta vs Barito Putera, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021) malam.

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, turun mendampingi Menko Muhadjir dan berharap kunjungan perwakilan pemerintah tersebut dapat menjadi bahan evaluasi serta pertimbangan bagi izin pelaksanaan Liga 1 2021.

Salah satu perhatian utama adalah perihal pelaksanaan protokol kesehatan yang menjadi syarat diterbitkannya izin kompetisi.

Baca juga: Perempat Final Piala Menpora, Febri Berharap Persib Pertahankan Tren Positif

 

Iwan Budianto menjelaskan ajang Piala Menpora 2021 sebagai wahana belajar bagi PSSI dalam melaksanakan pertandingan sepak bola di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, bila Piala Menpora berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak terutama dari pemerintah, hal tersebut dapat menjadi pertimbangan berbagai pihak terkait dalam memberikan izin pelaksanaan kompetisi.

Iwan Budianto mengucapkan terima kasih terhadap pemerintah yang turut hadir secara langsung dalam memantau pelaksanaan pertandingan yang digelar sesuai dengan protokol kesehatan.

Seorang petugas menyemprotkan disinfektan ke bench pemain sebelum laga Piala Mentora 2021 dimulai di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/03/2021) siang. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Seorang petugas menyemprotkan disinfektan ke bench pemain sebelum laga Piala Mentora 2021 dimulai di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/03/2021) siang.

PSSI bukan hanya melakukan pelaporan secara tertulis tetapi juga secara fisik. Pemerintah dapat melihat secara langsung prosedur pelaksanaan pertandingan.

Harapannya, izin dapat segera turun sehingga klub-klub dapat segera melakukan persiapan menjelang menghadapi kompetisi.

“Ya kan tidak ada yang lebih pandai untuk melaksanakan turnamen atau kompetisi di era pandemi. Semua belajar, nanti liga tentunya dari evaluasi turnamen ini, yang pasti PSSI berterima kasih pak Menko PMK hadir untuk melihat pelaksanaan protokol kesehatan hari ini sebagai bagian dari laporan yang tidak hanya tertulis,” tutur Iwan.

Baca juga: Perempat Final Piala Menpora Persib vs Persebaya, Maung Bandung Ogah Adu Penalti!

“Kami juga menyajikan kepada beliau kenyataan di lapangan, sehingga bisa menjadi evaluasi untuk meminta dan memohon izin Liga 1 nanti,” pungkasnya.

Kompetisi Liga 1 2021 dijadwalkan akan digulirkan pada Juni mendatang atau maksimal bulan Juli harus sudah digelar.

Jika tidak ada hambatan, rencananya izin pelaksanaan kompetisi akan diumumkan saat final Piala Menpora 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X