Kompas.com - 15/10/2020, 23:30 WIB
Pelatih Persebaya Surabaya musim 2020, Aji Santoso. KOMPAS.com/Suci RahayuPelatih Persebaya Surabaya musim 2020, Aji Santoso.

SURABAYA, KOMPAS.com - Nasib kelanjutan liga profesional Indonesia masih abu-abu. Keinginan 18 Klub Liga 1 dan 24 Klub Liga 2 untuk melanjutkan kompetisi 2020 kembali terbentur masalah perizinan dari Polri.

PSSI terus berupaya mencari jalan terbaik. Mereka berusaha menggulirkan kembali kompetisi namun tetap menghormati keputusan dan pertimbangan dari pihak Kepolisian.

PSSI bahkan telah membuat tiga opsi skema kelanjutan kompetisi. 

Opsi pertama adalah tetap menggulirkan kembali kompetisi pada 1 November dan selesai pada Maret 2021.

Opsi kedua adalah membuat jadwal baru pada 1 Desember dengan melakukan penyesuaian jadwal bahkan format kompetisi.

Opsi ketiga, menggeser jadwal start ke 1 Januari 2021 dengan skema 2 wilayah untuk memangkas waktu kompetisi.

Baca juga: Aji Santoso Dukung Penuh Makan Konate Jadi WNI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pilihan-pilihan yang ditawarkan PSSI sudah mempertimbangkan agenda besar seperti Bulan Suci Ramadhan dan Piala Dunia U20.

Menanggapi opsi-opsi yang disodorkan pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, memberikan pendapatnya.

Dia bisa memaklumi penyesuaian-penyesuaian yang terjadi mengingat situasi dan kondisi  melanjutkan kompetisi di tengah pandemi.

“Saya tidak bisa mengatakan ideal mana, itu pasti. Satu hal jelas, kalau seandainya nanti kompetisi mundur lagi pasti akan menggunakan format waktu berbeda karena waktunya sangat mepet dengan event Piala Dunia,” kata pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Baca juga: Persebaya Rombak Sistem dan Rutinitas Tim setelah Kasus Covid-19

Aji Santoso menegaskan tidak akan mempermasalahkan jadwal maupun format kompetisi.

Namun, yang harus jelas adalah kapan kompetisi akan dimulai, bagaimana kompetisi digulirkan, dan kapan kompetisi akan berakhir.

“Jadi, mudah-mudahan dilanjutkan. Kalau saya pribadi mau format yang mana saja tidak masalah. Hal terpenting adalah bagaimana itu bisa berjalan dengan efektif,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.