Timnas Indonesia Dilatih Shin Tae-yong, Begini Tanggapan Pelatih Persipura

Kompas.com - 22/08/2020, 15:44 WIB
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago saat konferensi pers jelang laga melawan Persija Jakarta, di SUGBK, Jakarta, Rabu (27/11/2019) sore. Dok. Media Persija JakartaPelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago saat konferensi pers jelang laga melawan Persija Jakarta, di SUGBK, Jakarta, Rabu (27/11/2019) sore.


KOMPAS.com - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, mengungkapkan pendapatnya mengenai timnas Indonesia yang saat ini diarsiteki Shin Tae-yong.

Dalam live bersama PSSI Pers, Jacksen Tiago mengatakan bahwa timnas Indonesia sudah berada pada jalur yang tepat di bawah arahan Shin Tae-yong.

Anggapan Jacksen Tiago tak lepas dari prestasi Shin Tae-yong sendiri.

Seperti diketahaui, Shin Tae-yong punya catatan apik kala melatih klub atau saat menukangi timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Baca juga: Progres Pemain Timnas Indonesia di Mata Shin Tae-yong

Dia pernah mengantarkan klub Seongnam FC menjuarai Liga Champions Asia 2010. Di level timnas, Shin Tae-yong sukses membawa Korea Selatan masuk ke perempat final Olimpiade 2016 di Brasil.

Selain itu, Shin Tae-yong juga membawa Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018. Kendati gagal lolos fase grup, timnas Korea Selatan tetap dikenang setelah berhasil menghentikan sang juara bertahan, Jerman.

"Saya rasa saat ini Indonesia berada di sebuah jalur yang sangat luar biasa dengan coach Shin Tae-yong," kata Jacksen F Tiago.

Meski mengakui bahwa saat ini timnas Indonesia berada di tangan yang tepat, Jacksen Tiago juga mengatakan bahwa ada baiknya nantinya PSSI memberikan kesempatan untuk para pelatih nasional.

Apalagi PSSI juga dalam beberapa tahun ini fokus meningkatkan kualitas pelatih-pelatih lokal dengan mengadakan pelatihan.

Baca juga: Resmi, Timnas U19 Bakal Digodok Shin Tae-yong di Kroasia

“Saya rasa sewaktu-waktu nanti Indonesia harus memberikan kesempatan kepada pelatih lokal untuk bisa menangani timnas,” ucapnya.

“Kemarin PSSI sudah memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dari pelatih Indonesia. Saya rasa tidak salah kalau mereka memberikan lahan kepada pelatih-pelatih yang mengikuti pelatihan tersebut,” ujarnya.

Adapun, Jacksen yang juga mantan pelatih timnas Indonesia itu tak memiliki keinginan untuk kembali melatih Tim Garuda karena ia rasa menangani Persipura Jayapura saja sudah cukup.

“Saya rasa PSSI harus memberi pelatih lokal kesempatan supaya bisa berkiprah di sana dan menunjukkan kemampuan mereka. Buat saya pribadi, pengalaman saya sudah sangat cukup,” tutur Jacksen. (Wila Wildayanti)



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X