Fakhri Husaini Bicara soal Permasalahan Timnas Indonesia

Kompas.com - 24/06/2020, 09:40 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini seusai memimpin latihan anak asuhnya di Lapangan Sidakarya, Denpasar, Sabtu (19/10/2019). KOMPAS.com/ IMAM ROSIDINPelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini seusai memimpin latihan anak asuhnya di Lapangan Sidakarya, Denpasar, Sabtu (19/10/2019).
|

KOMPAS.com - Mantan pelatih timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, mengaku heran dengan timnas Indonesia level senior yang justru kalah berprestasi dengan kelompok usia.

Seperti diketahui, timnas Indonesia seakan mengalami penurunan prestasi pada kurun waktu 10 tahun terakhir.

Kondisi yang paling mencolok terlihat adalah ketika timnas Indonesia dibawah asuhan Simon McMenemy mengalami lima kekalahan beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kekalahan yang dialami timnas Indonesia membuat posisi mereka di ranking FIFA merosot hingga peringkat ke-173.

Baca juga: Baru Jadi Pelatih PON Aceh, Fakhri Husaini Kini Disebut Bisa Gantikan Shin Tae-yong

Namun, performa timnas Indonesia berbanding terbalik dengan keadaan kelompok usia yang justru sukses mendulang prestasi di tingkat internasional.

Beberapa contoh kesuksesan kelompok usia misalnya Timnas U-16 Indonesia yang sukses menjadi kampiun dalam Piala AFF U-16 2018.

Para pemain Garuda Asia juga menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang bisa menembus putaran final Piala Asia U-16 2020 yang akan digelar di Bahrain pada akhir tahun nanti.

Jejak itu diikuti oleh timnas U-19 Indonesia yang lolos ke Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan setelah menjadi juara Grup K dalam kualifikasi.

Baca juga: Cuitan Fakhri Husaini Usai Ditunjuk Jadi Pelatih PON Aceh

Timnas U-22 Indonesia juga punya prestasi yang lebih baik dari seniornya.

Meski hanya mendapat perak di SEA Games 2019, tim Garuda Muda sudah pernah memuncaki Asia Tenggara ketika menjuarai Piala AFF U-22 2019.

Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X