Otoritas Kesehatan Italia Khawatirkan "Game Zero" Terulang Kembali

Kompas.com - 19/06/2020, 21:41 WIB
Para pemain Atalanta merayakan gol ke gawang Valencia pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, pada 19 Februari 2020. Partai ini diyakini menjadi akselerator awal penyebaran virus corona di Italia. AFP/MIGUEL MEDINAPara pemain Atalanta merayakan gol ke gawang Valencia pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, pada 19 Februari 2020. Partai ini diyakini menjadi akselerator awal penyebaran virus corona di Italia.

ROMA, KOMPAS.com - Otoritas kesehatan Italia mengkhawatirkan Game Zero terulang kembali di Negeri Pizza lantaran pesta kemenangan fans klub.

Game Zero, istilah media lokal Italia, adalah label yang dikenakan tatkala Atalanta menjamu Valencia pada perhelatan Liga Champions 2019 pada Februari 2020.

Baca juga: Lewat Liga Champions, Atalanta Ingin Membasuh Luka

Laga itu menjadi faktor pemicu meluasnya wabah corona yang mematikan di Bergamo, kota di bagian utara Italia.

Reaksi para pemain Atalanta usai memenangi laga Atalanta vs Valencia yang merupakan laga 16 besar Liga Champions di Stadion San Siro, Milan.AFP/MIGUEL MEDINA Reaksi para pemain Atalanta usai memenangi laga Atalanta vs Valencia yang merupakan laga 16 besar Liga Champions di Stadion San Siro, Milan.

Sementara itu, otoritas kesehatan Italia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkritik ribuan suporter Napoli yang merayakan kemenangan klub kesayangan mereka di jalan-jalan kota itu.

Kemenangan yang dinanti sejak enam tahun silam menjadi ajang pesta ribuan pendukung klub di jalanan Napoli hingga Kamis (18/6/2020) subuh.

Padahal, laga di Stadion Olimpiade Roma digelar dengan protokol ketat pencegahan corona yakni laga tanpa disaksikan penonton langsung di stadion.

Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, merayakan kemenangan di final Coppa Italia atas Juventus bersama para staffnya, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, merayakan kemenangan di final Coppa Italia atas Juventus bersama para staffnya, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.

Masker

Para pemain Napoli merayakan kemenangan tim mereka di final Coppa Italia kontra Juventus pada 17 Juni 2020 di Estadio Olympico, Roma.AFP/FILIPPO MONTEFORTE Para pemain Napoli merayakan kemenangan tim mereka di final Coppa Italia kontra Juventus pada 17 Juni 2020 di Estadio Olympico, Roma.

Otoritas kesehatan Italia mencatat keriaan itu diwarnai dengan pesta kembang api dan kerumunan banyak orang.

"Bahkan banyak yang tidak menggunakan masker wajah," kata Asisten Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Donia (WHO) Ranieri Guerra.

Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, saat melihat tim kalah melawan Parma, Minggu (15/12/2019), dalam lanjutan giornata ke-16 Serie A Liga Italia.TWITTER.com/SERIEA Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, saat melihat tim kalah melawan Parma, Minggu (15/12/2019), dalam lanjutan giornata ke-16 Serie A Liga Italia.

"Kecorobohan fans Napoli," kata Guerra melanjutkan.

Lebih lanjut, Guerra mengatakan otoritas kesehatan mengambil kebijakan untuk tidak memberi izin bagi suporter merayakan kemenangan sebagaimana tingkah laku para pendukung Napoli.

,SHUTTERSTOCK ,

"Mereka menunjukkan perilaku membahayakan," kecam Deputi Menteri Kesehatan Italia Sandra Zampa.

Terkini, pandemi corona telah mengakibatkan 35.000 warga Italia meninggal dunia.

Sementara, di wilayah Campania, termasuk Napoli di dalamnya, tercatat 431 kematian akibat corona.



Sumber FirstPost
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X