Kompas.com - 23/04/2020, 11:12 WIB
Drawa (kanan) dan Kangpo (kiri) akan menjadi Maskot PON 2020 Papua yang baru diperkenalkan pada Rabu, 20 November 2019. Antara/ Bayu KuncahyoDrawa (kanan) dan Kangpo (kiri) akan menjadi Maskot PON 2020 Papua yang baru diperkenalkan pada Rabu, 20 November 2019.

KOMPAS.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 resmi ditunda hingga bulan Oktober tahun depan.

Kepastian tersebut didapat setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengambil keputusan dalam rapat terbatas pada Kamis (23/4/2020).

Breaking news: PON 2020 ditunda ke Oktober tahun depan. Baru saja diputuskan oleh Bapak Presiden di Ratas baru saja tentang PON,” tulis Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto melalui pesan WhatsApp.

Informasi lebih lanjut bakal disampaikan lebih lanjut dalam jumpa pers bersama Menpora Zainudin Amali.

Baca juga: Ketua DPR Papua Dukung PON 2020 Ditunda, Anggaran Dialihkan untuk Penanganan Covid-19

“Mohon partisipasi rekan-rekan media untuk bergabung dalam jumpa pers oleh Pak Menpora Zainudin Amali secara video conference siang ini jam 11.00 tanggal 23 April 2020 tentang PON. Pak Menpora sudah diberi mandat oleh Bapak Presiden untuk jumpa pers siang ini,” tulis pesan singkat terkait PON 2020.

Wacana penundaan PON 2020 sudah dibahas sejak awal setelah wabah virus corona mengganggu beberapa ajang olahraga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menpora Zaiunudin Amali dalam beberapa minggu terakhir juga sudah didesak untuk menunda PON 2020, seperti dari KONI pusat atau daerah serta Komisi X DPR RI.

Baca juga: Untung Rugi Penyelenggaraan PON Papua di Mata Menpora

Zainudin Amali mengakui bahwa untuk menyelenggarakan PON 2020 sesuai jadwal cukup berat karena berbagai pertimbangan.

Pertama, pengerjaan pembangunan infrastruktur PON 2020 di Papua saat ini terhambat karena pandemi virus corona.

Kemudian, faktor lain adalah masukan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat atau daerah yang juga sudah meminta PON 2020 ditunda melihat sisi persiapan atlet.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X