Paulo Dybala Positif Virus Corona, Eks Dokter Chelsea Sebut Pesepak Bola Punya Imun Rentan

Kompas.com - 22/03/2020, 08:45 WIB
Paulo Dybala melakukan selebrasi usai mencetak gol pada laga Juventus vs AC Milan di Allianz Stadium, Minggu (10/11/2019) atau Senin dini hari WIB. AFP/MARCO BERTORELLOPaulo Dybala melakukan selebrasi usai mencetak gol pada laga Juventus vs AC Milan di Allianz Stadium, Minggu (10/11/2019) atau Senin dini hari WIB.

KOMPAS.com - Sejumlah pemain sepak bola dilaporkan positif terinfeksi virus corona.

Terbaru, Paulo Dybala ( Juventus), Daniel Maldini ( AC Milan), dan pemain Espanyol asal China, Wu Lei, menambah daftar pesepak bola yang terjangkit covid-19 ini.

Tak hanya pesepak bola aktif, beberapa insan sepak bola seperti pelatih hingga pemilik klub juga dilaporkan positif terinfeksi virus corona, termasuk pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Melihat kebugaran para pemain sepak bola, tampaknya beberapa orang menganggap atlet tidak rentan dengan virus ini.

Baca juga: Paulo Dybala Positif Virus Corona dan Resiko Pemain Juventus yang Pulang Kampung

Namun, hal berbeda disampaikan oleh mantan dokter Chelsea, dr Eva Carneiro.

Mengutip Daily Mail, dr Eva Carneiro justru menilai atlet sepak bola sangat rentan terhadap penularan virus, termasuk virus corona. 

Sebab, banyaknya pertandingan juga akan mempengaruhi pola tidur serta kebugaran para pemain.

Lebih lanjut, intensitas kontak fisik serta kebiasaan menggunakan botol minum yang sama di lapangan juga tidak bisa dihindarkan oleh para pemain.

"Pemain profesional telah terbukti memiliki imun yang rentan," kata Eva Carneiro dikutip dari Daily Mail.

"Itu karena jumlah olahraga yang mereka mainkan. Aktivitas fisik, bermain di tingkat profesional dengan laga setiap 72 jam, serta ditambah latihan memicu timbulnya ketegangan dalam tubuh," sambung dia.

Halaman:


Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X