Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arema FC Minta PSSI Segera Ambil Keputusan soal Liga 1 2020 yang Terdampak Virus Corona

Kompas.com - 22/03/2020, 07:10 WIB
Farahdilla Puspa,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manajemen Arema FC meminta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan operator liga, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), untuk segera mengambil keputusan terkait kelanjutan kompetisi musim ini.

Seperti diketahui, kompetisi Shopee Liga 1 2020 mengalami penundaan selama dua pekan lantaran pandemi virus corona yang meluas di Indonesia.

Media Officer Arema FC, Sudarmadji, mengatakan keputusan PSSI dan PT LIB sangat dibutuhkan untuk bisa menentukan langkah selanjutnya terkait kondisi saat ini.

"Hal yang paling utama dan penting adalah kami mohon sekali agar federasi dan operator segera mengambil keputusan tegas dan lugas seperti apa langkah berikutnya," kata Sudarmadji yang dikutip dari Antara.

Baca juga: Pemain Arema FC Perlu Jalani Tes Kesehatan Usai Libur Panjang

Sebelumnnya, pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) telah memperpanjang masa darurat bencana pandemi virus corona di Indonesia hingga 29 Mei 2020.

Keputusan itu ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 13.A tahun 2020.

Artinya, semua aspek kompetisi dari izin penyelenggaraan pertandingan, jadwal latihan pemain, termasuk aktivitas pemain, serta keberadaan penonoton akan terkena dampaknya.

Menanggapi hal tersebut, Sudarmadji menilai saat ini keputusan PSSI dan PT LIB sangat penting mengingat ada hak dan kewajiban dari klub yang berlaga pada Shopee Liga 1 2020.

Belum adanya keputusan dari federasi membuat manajemen Arema FC belum bisa memastikan apa yang harus dilakukan klub ke depannya.

"Tentunya situasi ini belum bisa memungkinkan kami membuat keputusan seperti apa yang harus dilakukan oleh klub," katanya.

Sudarmadji berharap, baik PSSI maupun PT LIB segera mengeluarkan surat keputusan karena saat ini pandemi virus corona sudah menjadi keadaan darurat, tak hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia.

Arema FC baru akan kembali latihan pada Senin (23/3/2020) setelah manajamen meliburkan semua pemain dan stafnya selama lima hari sejak Sabtu (14/3/2020).

Baca juga: Aremania Diimbau untuk Tidak menghadiri Sesi Latihan Arema FC

Skuad Singo Edan, julukan Arema FC, sedianya sudah kembali berlatih pada Jumat (20/3/2020).

Namun, latihan tim diundur hingga Senin (23/3/2020), menyikapi pandemi virus corona yang tengah merebak Indonesia.

Asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto, mengatakan para pemain perlu menjalani tes kesehatan ketika sudah kembali ke camp pelatihan.

Charis menilai langkah itu diperlukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di dalam tim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com