Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs Persipura, Aji Pertimbangkan untuk Rotasi Penjaga Gawang

Kompas.com - 14/03/2020, 11:10 WIB
Ghinan Salman,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Persipura Jayapura sukses meraih kemenangan 4-3 atas tuan rumah Persebaya Surabaya dalam lanjutan pekan ketiga Shopee Liga 1 2020.

Pertandingan Persebaya vs Persipura berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (13/3/2020) kemarin.

Kelemahan Persebaya dalam menjaga pertahanan jadi penyebab utama klub berjulukan Bajul Ijo itu takluk dari Mutiara Hitam.

Baca juga: Persebaya Vs Persipura, Putusnya Rekor Tak Terkalahkan Aji Santoso

Lini belakang Persebaya terlihat kewalahan dalam menghadapi serangan cepat yang dilancarkan Persipura.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menyebut bahwa gol pertama Persipura yang dicetak melalui tendangan bebas itu buah dari kesalahan kiper Persebaya, Rivky Mokodompit, dalam menghalau bola.

Bahkan, empat gol yang bersarang di gawang Persebaya juga akibat longgarnya lini belakang dan kesalahan penjaga gawang dalam mengantisipasi arah bola.

"Memang gol pertama terjadi karena antisipasi kiper yang kurang save. Sebenarnya pas, cuma enggak tahu dia kepeleset atau apa, akhirnya bolanya masuk," kata Aji.

Kendati demikian, Aji lebih menyoroti kesalahan pemain karena melakukan pelanggaran di sepertiga pertahanan Persebaya.

Gol pertama Persipura itu membuat mental pemain Persebaya menurun. Makan Konate dkk cukup dibuat kesulitan untuk bisa memperkecil ketertinggalan.

Apalagi, pada menit-menit awal, Persebaya menyia-nyiakan peluang emas setelah David da Silva gagal mengeksekusi penalti.

"Yang saya sayangkan adalah pelanggaran di sepertiga pertahanan kami. Saya sudah wanti-wanti untuk tidak melakukan pelanggaran di sepertiga pertahanan, karena di situ akan berbahaya dan itu terbukti," ujar Aji.

Dengan kekalahan menyakitkan dari Persipura ini, Aji Santoso tengah mempertimbangkan untuk merotasi kiper untuk mengawal gawang Persebaya tetap aman di laga-laga berikutnya.

Sejak pramusim hingga berlaga di kompetisi Liga 1 musim ini, Persebaya besutan Aji memang belum pernah merotasi posisi penjaga gawang.

Persebaya sebenarnya memiliki tiga pemain yang berposisi sebagai kiper.

Selain Rivky Mokodompit, Persebaya juga memiliki Angga Saputra, dan Ernando Ari Sutaryadi.

Baca juga: Persebaya Vs Persipura, Curi Kemenangan, Jacksen Lihat Celah Bajul Ijo

Namun, dua pemain yang disebut terakhir belum pernah mendapat menit bermain di kompetisi Liga 1 musim ini.

"Ya, tentunya nanti saya akan berdiskusi dengan pelatih penjaga gawang, (soal rotasi kiper) bagaimana untuk ke depan," ujar Aji.

"Dalam pertandingan kadang-kadang (pemain) melakukan kesalahan, tetapi ini tidak boleh terulang. Ini jadi pelajaran yang sangat baik buat Persebaya ke depan," kata Aji menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com