Ada Pria Punya Selera di Jersey, Ini Kata Persib soal Larangan Sponsor Rokok

Kompas.com - 27/02/2020, 14:34 WIB
Pengenalan jersi tim Persib Bandung pada kompetisi musim 2020. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPengenalan jersi tim Persib Bandung pada kompetisi musim 2020.

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru ( LIB) mengeluarkan aturan terkait larangan bagi setiap tim yang berpartisipasi dalam kompetisi untuk menjalin kerja sama dengan produk rokok, minuman beralkohol, dan situs judi.

Larangan tersebut diterbitkan PT LIB melalui surat bernomor 103/LIB/II/2020, yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri.

Terdapat enam landasan yang melatar belakangi dibuatnya peraturan tersebut. Landasan dari aturan tersebut mengacu pada peraturan pemerintah yang di antaranya; PP No. 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan, dan PERPRES No. 74 Tahun 2013 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol.

Baca juga: Tontowi Ahmad Berencana Mundur dari Pelatnas, PB Djarum Tawarkan Opsi Main Profesional

"PT. Liga Indonesia Baru (LIB) dengan ini menyampaikan penegasan kembali bahwa sesuai peraturan pemerintah yang berlaku, LIB tidak mengizinkan klub yang berpartisipasi pada kompetisi resmi yang dikelola LIB untuk menjalin kerjasama komersial dengan produk yang berkaitan langsung dengan brand rokok, minuman beralkohol dan situs perjudian," bunyi surat tersebut.

Klub Persib Bandung bersuara terkait aturan tersebut. Pasalnya, pada Liga 1 2020, tim berjulukan Maung Bandung itu menggaet " Pria Punya Selera" sebagai satu dari 12 sponsor yang turut mensponsori Persib dalam mengarungi kompetisi musim ini.

"Pria Punya Selera" merupakan tagline yang melekat pada salah satu produk rokok terkemuka di Indonesia.

Persib memang tidak secara gamblang memunculkan produk rokok tersebut. Klub berjulukan Maung Bandung itu hanya mengambil tagline tersebut.

Tagline "Pria Punya Selera" tercantum pada bagian depan jersi pertandingan Persib pada kompetisi musim ini.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar menyatakan, manajemen Persib akan segera membahas permasalahan tersebut lebih lanjut.

Umuh berharap Persib tidak melabrak aturan yang sudah dibuat federasi ataupun pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X