Sepekan Jelang Kompetisi, Persib Matangkan Peran Sweeper Keeper

Kompas.com - 25/02/2020, 20:20 WIB
Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos.

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung genjot persiapan tiga penjaga gawangnya, sepekan jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2020.

Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos mengungkapkan, intensitas latihan untuk I Made Wirawan, Teja Paku Alam, dan Dhika Bayangkara berada di level yang tinggi.

Baca juga: Pemain Garuda Select Dikontrak Salah Satu Agen FIFA

Passos mengatakan, peningkatan intensitas latihan dilakukan agar ketiga penjaga gawang Persib semakin matang dalam memahami konsep peran kiper modern. Made, Teja, dan Dhika dituntut bisa lebih aktif terlibat dalam permainan tim.

Persib menginginkan ketiga penjaga gawangnya itu tidak hanya piawai melakukan penyelamatan gemilang dalam menggagalkan upaya lawan untuk mencetak gol ke gawang Persib.

Lebih dari pada itu, kiper Persib juga dituntut memiliki visi yang baik dalam mengalirkan bola sebagai awal serangan dari tim yang dibelanya.

Singkatnya, kiper modern harus bisa menjadi orkestrator serangan yang mulai dari lini belakang. Peran tersebut jamak disebut sweeper keeper.

Dalam mode bertahan, sosok sweeper keeper dituntut memiliki keberanian tingkat tinggi untuk menghadang serangan lawan, walau mereka harus keluar jauh dari sarangnya.

"Saya melatih mereka pada situasi di pertandingan, soal penempatan posisi, melakukan umpan pendek, umpan panjang untuk pertandingan," kata Passos.

Mematangkan peran sweeper keeper di Persib, Passos memiliki dua metode latihan, yang menyangkut situasi dalam pertandingan.

Andai dua metodenya itu bisa dimengerti dan dipahami pemain, Passos optimistis, Persib akan memiliki penjaga gawang modern yang berkualitas.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X