Timnas U23 Indonesia Vs Vietnam, Indra Sjafri: Sudah Takdir Tuhan

Kompas.com - 09/12/2019, 13:40 WIB
(Ki-Ka) Kurniawan Dwi Julianto, Nova Arianto, dan Indra Sjafri pada laga semifinal SEA Games 2019 antara timnas U23 Indonesia vs Myanmar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Sabtu 7 Desember 2019. KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNG(Ki-Ka) Kurniawan Dwi Julianto, Nova Arianto, dan Indra Sjafri pada laga semifinal SEA Games 2019 antara timnas U23 Indonesia vs Myanmar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Sabtu 7 Desember 2019.

KOMPAS.comIndra Sjafri menyebut jika ada andil Tuhan dalam pertandingan timnas U23 Indonesia vs Vietnam yang merupakan partai final sepak bola SEA Games 2019.

Final SEA Games 2019 antara timnas U23 Indonesia vs Vietnam bakal diselenggarakan di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Selasa (10/12/2019) pukul 19.00 WIB.

Garuda Muda, julukan timnas U23 Indonesia, melaju ke final SEA Games 2019 setelah mengandaskan perlawanan Myanmar dengan skor 4-2 di semifinal.

Adapun Vietnam berhasil mendapatkan tiket ke final setelah menaklukkan Kamboja dengan skor telak 4-0.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Vietnam, Medali Emas Sejak 60 Tahun Silam

Jelang pertemuan antara keduanya di partai final, pelatih timnas U23 Indonesia, Indra Sjafri, mengaku tidak terlalu terkejut dengan hasil yang diraih anak asuhnya.

Menurutnya, semua merupakan doa yang dikabulkan oleh Tuhan atas jerih payah Garuda Muda dari babak fase grup hingga partai final.

"Sudah ditakdirkan Tuhan. Tinggal bagaimana (kami) berjuang nanti. Takdir baik untuk kami atau untuk mereka (Vietnam)," ujar Indra Sjafri.

"Ada dua pilihan di dunia ini, kami juara atau mereka yang juara. Niat baik, bismillah usaha yang keras dan doa, dibantu juga (doa) masyarakat di Tanah Air," kata Indra melanjutkan.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Vietnam, Sani Rizki Tepis Tekanan Masyarakat

Indra juga mengaku sudah mengevaluasi kesalahan-kesalahan pada laga kontra Vietnam sebelumnya.

Ia sudah mengantongi siasat guna membalas kekalahan dari Vietnam pada pertandingan sebelumnya di babak fase grup.

"Sudah dievaluasi, saya sudah kasih tahu ke anak-anak. Kami memastikan game plan untuk besok, lalu kedua memastikan 11 pemain yang akan diturunkan," ujar Indra.

Saat ditanya apakah timnas U23 Indonesia mengalami tekanan, Indra berharap hal itu terhindarkan.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Vietnam, Sani Rizki Belajar dari Pengalaman

"Tidak ada, ya kecil lah (tekanan jelang lawan Vietnam). Kalau sampai stres itu orang yang hampir meninggal dunia mengalami sakaratul maut. Ini hanya final SEA Games, kenapa harus stres?" tutur Indra.

Sebelumnya, timnas U23 Indonesia sudah pernah bertemu Vietnam pada fase penyisihan Grup B SEA Games 2019.

Ketika itu, Osvaldo Haay dkk harus dipaksa menyerah dari Vietnam dengan skor 1-2. (Bagas Reza Murti)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya