SEA Games 2019, Wasit Disebut Tak Fair, Edgar Xavier Gagal Persembahkan Emas bagi Indonesia

Kompas.com - 01/12/2019, 12:26 WIB
Tim Wushu Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2019 di WTC Manila, Filipina, 1-3 Desember 2019. DOK: NOC IndonesiaTim Wushu Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2019 di WTC Manila, Filipina, 1-3 Desember 2019.

KOMPAS.com - Kontingen Indonesia belum berhasil menambah medali emas di SEA Games 2019 setelah atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, hanya finis di peringkat keempat.

Edgar Xavier Marvelo selesai di peringkat keempat dengan nilai 9,58 pada nomor changquan putra cabor wushu SEA Games 2019 yang dimainkan di Hall World Trande Centre Manila, Filipina, Minggu (1/12/2019).

Ofisial tim wushu Indonesia menilai bahwa ada kecurangan yang dilakukan oleh wasit kepada atlet wushu andalan Indonesia tersebut.

"Edgar yang diunggulkan dicurangi wasit sehingga tidak mampu meraih medali emas," ucap Sekjen PB WI, Ngatino.

"Semua melihat Edgar tampil sempuran dan pantas menjadi juara. Penonton sempat ikut menyoraki wasit saat mengumumkan Edgar hanya berada di peringkat keempat," lanjutnya.

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam, Alasan Skuad Garuda Muda Harus Menang Malam Ini!

Ngatino menilai bahwa keputusan wasit yang dianggap menguntungkan lawan bisa dilihat dengan adanya pengurangan nilai pada gerakan Edgar yang tidak bisa diprotes.

"Wasit menilai salah satu gerakan yang dimainkan Edgar tidak sampai dua detik. Padahal yang dilakukan Edgar sudah lebih dari dua detik," kata Ngatino.

"Pengurangan nilai ini yang menyebabkan Edgar gagal meraih emas. Kita tidak bisa melakukan protes karena ketentuannya dalam pengurangan gerakan tidak ada protes," lanjut Sekjen PB WI tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Edgar mengaku kecewa karena tidak bisa meraih medali emas di pertandingan pertamanya.

Meski demikian, Edgar mengaku tak ingin berlarut-larut dalam kekecewaan karena masih bertanding untuk nomor lainnya yang berpotensi meraih medali emas.

"Ya, saya kecewa dengan adanya pengurangan poin yang dilakukan wasit. Tapi saya akan berusaha untuk bangkit pada nomor berikutnya," kata Edgar dari rilis yang diterima Kompas.com.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya