Viral Video Kekerasan terhadap Suporter Indonesia, Ini Janji Menpora Malaysia

Kompas.com - 22/11/2019, 06:30 WIB
Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, pemuda berusia dua puluh lima tahun dengan postur tinggi, tampan, dan pandai berbicara menjadi kunci ?strategi anak muda? bagi Dr. Mahathir. 
Joe Kit Yong/CeritalahSyed Saddiq Syed Abdul Rahman, pemuda berusia dua puluh lima tahun dengan postur tinggi, tampan, dan pandai berbicara menjadi kunci ?strategi anak muda? bagi Dr. Mahathir.
|

KOMPAS.COM — Menteri Olahraga Malaysia, Syed Saddiq, angkat bicara video kekerasan terhadap suporter Indonesia yang viral di media sosial.

Insiden tersebut terjadi saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Selasa (19/11/2019). 

Kedua suporter terlibat kericuhan sejak pertandingan berlangsung. Tak sampai di situ, suporter Indonesia menjadi korban kekerasan dan video terkait insiden tersebut viral di media sosial. 

Video yang disertai dengan tulisan bahasa Melayu itu menunjukkan adanya pengeroyokan terhadap orang yang diduga suporter Indonesia.

Penggiat media sosial asal Indonesia, Permadi Arya, menyampaikan video tersebut ke Twitter Syed Saddiq.

"Menteri Olahraga @SyedSaddiq, ini adalah video suporter Indonesia yang dipukuli oleh Malaysia pada pertandingan terakhir, mereka bahkan menambahi video ini dengan caption yang menghina," tulis Permadi Arya dalam cuitannya.

"Mengingat bagaimana Anda menuntut kami meminta maaf pada insiden sebelumnya, kami berharap Anda melakukan hal yang sama terhadap kasus ini," tulisnya menambahkan.

Baca juga: PSSI Kecam Kekerasan terhadap Pendukung Indonesia di Malaysia

Unggahan yang di-retweet lebih dari 1.700 kali itu juga mendapat tanggapan dari Syed Saddiq.

"Saya sudah meminta pihak kepolisian untuk mengatasi. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh dia buat laporan ke pihak polis," tulis Syed Saddiq mengomentari unggahan Permadi.

"Kami pastikan ada pengusutan dan investigasi yang transparan. Keadilan adalah untuk semua, tak hanya Malaysia atau Indonesia," tulisnya lagi.

Suporter timnas U-19 Indonesia memberikan dukungan saat pertandingan melawan timnas U-19 Iran di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat,  Sabtu (7/9/2019). Timnas U-19 Indonesia dikalahkan Iran dengan skor 2-4.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Suporter timnas U-19 Indonesia memberikan dukungan saat pertandingan melawan timnas U-19 Iran di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). Timnas U-19 Indonesia dikalahkan Iran dengan skor 2-4.

Terkait laga kedua tim, timnas Indonesia takluk dari Malaysia dengan skor 0-2. 

Dua gol tuan rumah diborong oleh Safawi Rasid.

Itu merupakan kekalahan kelima beruntun buat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X