Catatan Waktu Turun, Emilia Nova Tetap Target Emas di SEA Games 2019

Kompas.com - 18/11/2019, 15:20 WIB
Atlet putri lari halang rintang Indonesia, Emilia Nova, di acara Pocari SEA Games 2019 di Royal Box, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin, 18 November 2019. KOMPAS.com/ M. Hafidz ImaduddinAtlet putri lari halang rintang Indonesia, Emilia Nova, di acara Pocari SEA Games 2019 di Royal Box, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin, 18 November 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Atlet putri lari halang rintang Indonesia, Emilia Nova, optimistis bisa meraih medali emas pada ajang SEA Games 2019.

Emilia sangat percaya diri meskipun sepanjang kalendar 2019 belum bisa menyamai catatan waktu di Asian Games 2018 yang juga memecahkan rekor nasional.

Pada ajang Asian Games 2018, Emilia meraih perak dari nomor lari gawang 100 meter putri dengan catatan waktu 13,33 detik.

"Di tahun ini waktu tercepat saya adalah 13,5 detik. Itu menjadi waktu tercepat di musim ini. Kondisi saya sekarang sudah balik lagi seperti Asian Games 2018," kata Emilia saat ditemui di acara Pocari SEA Games 2019 di Royal Box, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (18/11/2019).

"Kecepatan saya sekarang memang tidak sebagus saat Asian Games. Tapi untuk teknik gawang saya lebih bagus dan meningkat. Jadi waktunya tidak jauh beda. Saya optimistis untuk SEA Games 2018," ujar Emilia menambahkan.

Baca juga: Emilia Nova Sumbang Emas dari Nomor Lompat Gawang Putri

Catatan waktu 13,5 detik didapatkan Emilia saat meraih medali emas Malaysia Open Grand Prix 2019 di Malaysia akhir Maret lalu.

Satu bulan setelahnya, Emilia harus menderita cedera tumit saat mengikuti Kejuaraan Atletik Asia di Qatar.

Setelah cedera, catatan waktu Emilia terbilang sangat menurun. Pada ajang Summer Universiade 2019 di Italia pada bulan Juli, Emilia hanya bisa membukukan waktu 14,19 detik.

Faktor cedera ini membuat Emilia hanya akan ikut satu nomor di SEA Games 2019 yakni lari gawang 100 meter putri.

"Sebenarnya, saya mau ikut dua, 100m dan saptalomba. Cedera ini membuat saya tidak bisa latihan dua nomor. Ada kendala jadwal juga. Filipina punya atlet saptalomba, jadi pasti jadwalnya mepet," kata Emilia.

"Keputusan ini diambil sebagai pembelajaran dari SEA Games 2017. Waktu itu saya dapat perak dari saptalomba, tapi lari gawangnya gagal," ujar Emilia menambahkan.

Baca juga: Ini Daftar Nama Resmi Atlet Atletik untuk SEA Games 2019

Pada SEA Games 2019 nanti pesaing terkuat Emilia untuk meraih emas dari nomor lari gawang 100m putri adalah atlet Vietnam, Tran Thi Yen Hoa.

"Pesaing paling berat dari Vietnam. Tapi dia waktu Asian Games tidak bagus. Catatan waktu tercepat di musim ini juga masih saya yang pegang," kata Emilia.

"Dari federasi (PASI) tidak ada beban. Ketua Umun (Bob Hasan) hanya ingin kami bermain lepas dan santai. Urusan medali, kita lihat saja di lapangan," ujar Emilia menambahkan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya