Digelar di Samarinda, Fornas V Siap Jadi Ajang Olahraga Rekreasi Warga

Kompas.com - 16/11/2019, 22:46 WIB
Menpora Zainudin Amali (kedua dari kiri) dalam kegiatan Fornas V di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (16/11/2019). Dok. KemenporaMenpora Zainudin Amali (kedua dari kiri) dalam kegiatan Fornas V di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (16/11/2019).
|

KOMPAS.com - Festival Olahraga Rekreasi Nasional ( Fornas) edisi kelima tengah digelar di Samarinda, Kalimantan Timur.

Ajang yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora) dan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) ini digelar pada 15-18 November 2019.

Terkait kegiatan tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI ingin Fornas kelima ini menjadi ajang menuju sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang sehat dan unggul.

Terlebih lagi, Fornas merupakan ajang olahraga rekreasi dan tradisional yang akrab di masyarakat.

Karena itu, di ajang ini, para peserta tidak perlu memikirkan target prestasi, tetapi murni untuk berolahraga dan bersenang-senang.

Baca juga: FORNAS Jadi Ajang bagi Atlet Binaraga Fisik Menuju Kejuaraan Internasional

"Olahraga itu dibagi dalam tiga lingkup. Ada olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi. Orang tahu menyebut SEA Games, Asian Games, Olimpiade. Menyebut sepak bola, bola voli, bulu tangkis, nah itu namanya olahraga prestasi," tutur Menpora Zainudin Amali, seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/11/2019).

"Lalu, ada olahraga pendidikan. Itu bertujuan untuk membentuk karakter bangsa kepada anak didik dan peserta didik di sekolah-sekolah. Ekstrakulikuler dan pendidikan jasmani itu olahraga sebagai alat untuk membantu mencapai tujuan pendidikan," ucapnya.

"Nah, satu lagi itu olahraga rekreasi. Itu bertujuan untuk mencari derajat bugar dan sehat. Jadi, tujuan kita tidak mencari juara Olimpiade, tetapi bagaimana kita menjaga agar tubuh tetap fit supaya bisa lebih produktif, enggak sakit, dan masa tuanya bugar," katanya.

Di sisi lain, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta menuturkan, cabang olahraga yang masuk kategori rekreasi dan tradisional cukup banyak, mencapai ratusan.

Namun, pada kesempatan ini, hanya akan dilombakan 37 cabang olahraga di Fornas V, termasuk olahraga rekreasi, tradisional, dan olahraga modern yang saat ini sedang digandrungi.

Baca juga: Menpora Serahkan Keputusan Pelatih Timnas Indonesia ke PSSI

"Sebetulnya, setiap waktu olahraga rekreasi itu bertambah jenisnya. Contoh olahraga rekreasi itu ada olahraga tradisional, dahulu orang main olahraga tradisional macam-macam," ucap Isnanta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X