Iwan Bule, Polisi, dan Harapan Jadwal Liga 1 yang Lebih Baik

Kompas.com - 05/11/2019, 08:20 WIB
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 melalui pemilihan pada Kongres Luar Biasa PSSI, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Dok. PSSIMochamad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 melalui pemilihan pada Kongres Luar Biasa PSSI, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi induk sepak bola di Tanah Air, PSSI, resmi punya pemimpin baru.

Dia adalah Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan. Mantan Kapolda Metro Jaya ini terpilih dengan perolehan suara mutlak dalam Kongres Luar Biasa PSSI yang digelar di Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Dalam sejarahnya, PSSI sudah berulang kali dipimpin oleh sosok jenderal. Namun, ada yang berbeda dengan Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini adalah jenderal polisi pertama yang menduduki jabatan tertinggi di PSSI.

Sebelumnya, belum pernah ada Ketua Umum PSSI yang berasal dari institusi Bhayangkara, institusi yang punya peran penting dalam berjalannya roda kompetisi di Indonesia.

Baca juga: Saat Pesepak Bola Diperlakukan Seperti Pemain Sinetron Stripping

Bukan rahasia lagi, jadwal penyelenggaraan pertandingan sepak bola di Indonesia kerap berantakan, tak terkecuali di Liga 1 yang merupakan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air.

Penyebab paling sering dari kacaunya jadwal Liga 1 adalah laga-laga yang harus tertunda karena tak mendapat izin dari pihak kepolisian.

Jadwal liga yang berantakan bisa dibilang sangat mempengaruhi penampilan tim nasional Indonesia di level internasional, terutama menyangkut kebugaran pemain.

Hal itulah yang tak henti-hentinya dikeluhkan pelatih timnas, Simon McMenemy, bahkan sejak sebelum dimulainya Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat mendampingi timnya dalam laga melawan Malaysia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019).Kompas.com/Garry Lotulung Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat mendampingi timnya dalam laga melawan Malaysia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Menurut McMenemy, kondisi fisik pemain timnas terkuras akibat jadwal kompetisi yang tidak ideal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X