Dokter Tim Persib Sebut Kondisi M. Natshir Terus Membaik

Kompas.com - 08/09/2019, 09:40 WIB
Penjaga Gawang Persib, Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPenjaga Gawang Persib, Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby.

BANDUNG, KOMPAS.com - Dokter tim Persib Bandung, Rafy Ghani, mengungkapkan kondisi terkini kiper Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby.

Rafy mengatakan, kiper yang akrab disapa Deden itu terus menunjukkan perkembangan kesembuhan yang signifikan.

Deden mengalami cedera patah tulang kering kaki kiri. Cedera tersebut dialami Deden setelah dia berbenturan dengan gelandang Persija Jakarta, Bruno Matos, saat kedua tim bertemu pada pekan ke-8 Liga 1 2019, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 10 Juli lalu.

Akibat cedera tersebut, Deden harus absen hingga akhir musim. Diprediksi, Deden harus menepi selama enam bulan untuk pemulihan.

"Alhamdulillah selama dua bulan ini perbaikannya sangat signifikan. Tapi, dia masih tetap menggunakan dua tongkat di kaki yang cederanya sudah mulai menapak," kata Rafy.

"Nanti pas dua bulan, kami akan lihat lagi di foto X-ray apakah sudah ada pembentukan kalus di bagian yang patahnya."

"Kelihatannya perkembangannya lebih cepat dari dugaan saya sebelumnya, karena dia sudah mulai bisa menapak," ujar dia lagi.

Baca juga: Kondisi Fisik Meningkat, Persib Sudah Siap Hadapi Tira-Persikabo

Rafy melanjutkan, Deden saat ini rutin menjalani terapi untuk mempercepat proses penyembuhannya. Rafy berharap, Deden bisa pulih lebih cepat atau setidaknya sesuai dengan prediksi dia sebelumnya.

"Tapi, sampai saat ini, dia menjalani program terus dengan baik, setiap hari program dengan ofisial terapi dan mudah-mudahan kesembuhannya sesuai dengan rencana," ujar Rafy.

Saat ini, dikatakan Rafy, Deden sudah bisa melakukan aktivitas di luar rumah. Bahkan, Deden sudah mulai berlatih mandiri untuk menjaga kebugaran fisik, dan melatih kekuatan ototnya.

Diakui Rafy, meski ruang geraknya masih terbatas, perkembangan Deden sudah cukup bagus untuk mempercepat kesembuhannya.

Baca juga: Dicoret Persija, Bruno Matos Resmi Gabung ke Bhayangkara FC

"Kalau dari segi kegiatan fisiknya sudah mulai membaik. Dia juga udah aktivitas di luar, jalan, melakukan aktivitas lainnya," kata Rafy.

"Dia kan kaki kiri yang cedera, latihan kaki kanan, dan untuk aktivitas bagian tubuh atasnya juga, tangan, otot perut semua latihan," ujar dia lagi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X