Ditinggal 3 Pemain ke Timnas, RD Akui Tira-Persikabo Sempat Dilematis

Kompas.com - 25/08/2019, 10:20 WIB
Pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan (tengah). KOMPAS.com / HAMZAHPelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan (tengah).

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pelatih PS Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan, mengakui, pihaknya sempat berada dalam posisi dilematis untuk melepas tiga pemain yang mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia.

Ketiga pemain PS Tira-Persikabo yang harus membela timnas adalah Osas Saha, Manahati Lestussen, dan Angga Saputra.

Mereka telah bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia di bawah asuhan Simon McMenemy untuk persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski akhirnya rela melepaskan ketiga pemain itu ke timnas, Rahmad Darmawan mengakui bahwa Tira-Persikabo sempat merasa ragu. Sebab, pemusatan latihan timnas digelar saat kompetisi Liga 1 2019 masih berjalan.

Tira-Persikabo bakal melanjutkan kiprah mereka untuk memperebutkan posisi pemuncak klasemen Liga 1 musim ini dengan menghadapi Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Minggu (25/8/2019) malam.

Baca juga: Jadwal Liga 1 2019, Persib dan PS Tira Persikabo Main Hari Ini

"Memang dilema ya. Tetapi sulit juga untuk kami mengatakan tidak, karena di Indonesia ini sensitif sekali," ujar pelatih berinisial RD itu dalam jumpa pers sebelum laga melawan Persela, Sabtu (24/8/2019.

"Walaupun ini masa persiapan di luar FIFA matchday sebenarnya, tetapi kalau kami tidak memberi pemain semua pasti, publik, netizen, akan menganggap anasionalis dan sebagainya," kata dia menambahkan.

"Tapi kami enggak seperti itu. Ini juga kesempatan bagi kami untuk memberi pemain kami untuk tim nasional, ya sudahlah kami rela untuk ke sana (Timnas Indonesia)," ucap RD lagi.

RD juga sempat menerangkan kejadian sewaktu pihaknya masih enggan melepas Angga Saputra memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Sebab, stok kiper Tira-Persikabo yang hanya menyisakan Teguh Amiruddin dalam skuad.

Baca juga: Nil Maizar Bicara Peluang Hambali Dimainkan Lawan Tira-Persikabo

"Kalau kemarin kami sempat bargaining saat satu penjaga gawang kami (Angga Saputra) dipanggil, karena jujur kami sampai berangkat kemarin itu hanya punya satu goal keeper," kata RD.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X