Lionel Messi Dapat Penghargaan dari Paus Fransiskus

Kompas.com - 13/07/2019, 16:39 WIB
Ekspresi Lionel Messi Setelah mencetak gol ke gawang Liverpool, Kamis (2/5/2019)AFP Ekspresi Lionel Messi Setelah mencetak gol ke gawang Liverpool, Kamis (2/5/2019)

KOMPAS.com - Megabintang Barcelona, Lionel Messi, diganjar penghargaan Balon Educativo de Scholas oleh Paus Fransiskus karena dianggap sebagai tokoh yang berpengaruh dalam dunia sepak bola, Jumat (12/5/2019). 

Penghargaan itu diberikan Yayasan Paus Fransiskus Scholas Occurentes selepas ajang Copa America 2019 rampung digelar. 

Messi dinilai pantas menerima penghargaan tersebut karena mampu menjaga nilai-nilai positif dalam sepak bola.

Baca juga: Daftar Atlet Berpenghasilan Tertinggi, Messi Pertama, Ronaldo Kedua

Nilai-nilai yang dimaksud di sini adalah kerja keras, solidaritas, kejujuran, identitas, ketahanan, rasa hormat, dan kerja sama tim di sepanjang perhelatan Copa America 2019.

Kapten timnas Argentina ini memperoleh 34,28 persen suara mengungguli tiga kandidat lainnya, yakni gelandang Peru, Edison Flores (15,56 persen), kiper Peru, Pedro Gallese (11,28 persen), dan kapten timnas Brasil, Dani Alves (10,5 persen).

Suara tersebut berasal dari pemuda jejaring Yayasan Scholas di dunia dan pemungutan suaranya telah dimulai pada 1 Juni 2019 melalui akun resmi media sosial yayasan ini.

Baca juga: Roger Federer Dinilai Lebih Populer daripada Messi, Ronaldo, dan LeBron James

Nantinya, Messi akan menerima pemberkatan langsung dari Paus dan mendapatkan bola berbahan kain yang secara khusus dibuat oleh anak-anak dari Mozambik.

Sebelumnya, pemain yang identik dengan nomor 10 ini juga mendapatkan penghargaan ESPY Award sebagai atlet terbaik di bidang sepak bola kategori pria, Rabu (10/7/2019). 

Adapun pesepak bola terbaik putri diraih oleh Sam Kerr dari Australia.

ESPY Award (Excellence ini Sports Performance Yearly Award) sendiri adalah penghargaan yang dipersembahkan oleh program televisi Amerika Serikat, ABC, untuk atlet terbaik di seluruh dunia berdasarkan performa satu tahun ke belakang.

Baca juga: Berita Transfer, Barcelona Dekati Rekan Senegara Lionel Messi

Perhargaan ini pertama kali diadakan pada 1993 dan masih berlanjut sampai sekarang.

Messi memenangi penghargaan ini setelah dinilai tampil menawan pada musim 2018-2019 lalu bersama klub dan tim nasional.

Messi berhasil mengantarkan Barcelona menjadi juara La Liga musim lalu sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak La Liga dengan 36 gol.

Tidak hanya di kompetisi domestik, Messi juga menjadi pemain paling produktif di Liga Champions dengan 12 golnya.

Baca juga: Resmi ke Barcelona, Klausul Kontrak Griezmann Kalahkan Messi

Darwin Machis berebutan bola dengan Lionel Messi pada pertandingan Venezuela vs Argentina dalam babak perempat final Copa America 2019 di Stadion Maracana, 28 Juni 2019. AFP/DOUGLAS MAGNO Darwin Machis berebutan bola dengan Lionel Messi pada pertandingan Venezuela vs Argentina dalam babak perempat final Copa America 2019 di Stadion Maracana, 28 Juni 2019.

Di level internasional, Messi baru saja membawa timnas Argentina menjadi juara ketiga di ajang Copa America 2019.

Ini merupakan penghargaan kedua Messi. Terakhir kali Messi meraih ESPY Award adalah pada tahun 2015 saat mengantarkan Barca merengkuh treble.

Namun, penghargaan yang diraih Messi tahun ini terasa spesial karena berhasil mengalahkan dua penampil terbaik musim lalu, yakni Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X