Formula 1, Bos Red Bull Sebut Vettel seperti Berada di Panci Presto

Kompas.com - 25/06/2019, 15:20 WIB
Lewis Hamilton finis di posisi pertama F1 GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, disusul Sebastian Vettel, 9 Juni 2019. AFP/Mark ThompsonLewis Hamilton finis di posisi pertama F1 GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, disusul Sebastian Vettel, 9 Juni 2019.

KOMPAS.com - Sebuah pernyataan menarik dilontarkan bos tim Red Bull Racing, Christian Horner, terkait kondisi yang tengah dialami Sebastian Vettel bersama Ferrari. Dia menyebut sang pebalap seperti berada di dalam panci presto.

Musim ini, Sebastian Vettel menjalani tahun kelima bersama Ferrari pada ajang Formula 1 (F1). Sang pebalap didatangkan pada 2015 sebagai salah satu upaya Ferrari menjaga rivalitas mereka dengan Mercedes.

Namun yang terjadi adalah Vettel tampak tak berdaya membendung dominasi Mercedes selama empat musim terakhir, 2015-2018. Kondisi itu tampaknya bakal kembali dialami Vettel pada F1 2019.

Pasalnya, hingga seri kedelapan musim ini, Mercedes begitu dominan. Mereka selalu berhasil menempatkan pebalapnya sebagai pemenang.

Baca Juga: Banding Penalti Ditolak, Vettel Berujar Ingin Pensiun dari F1

Lewis Hamilton pun mantap berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 187 poin, disusul Valtteri Bottas di peringkat kedua dengan 151 poin.

Sementara itu, Vettel bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara. Pebalap asal jerman ini terpaut 40 poin dari Valtteri Bottas.

Kesulitan yang dialami Vettel bersama Ferrari dalam beberapa musim terakhir turut mengundang komentar Christian Horner, yang memiliki kedekatan dengan Vettel. Pasalnya, Vettel pernah memperkuat tim asal Austria itu pada 2009-2014.

Kala itu, mereka berdua menuai kesuksesan. Vettel menjadi juara dunia dalam empat tahun beruntun (2010-2013).

Horner pun menyebut performa Vettel saat ini jauh dari potensi asli yang dimiliki. Bersama Ferrari, Vettel dianggap berada dalam lingkungan yang penuh dengan tekanan berat dan diibaratkan Horner seperti panci presto.

Baca Juga: Klasemen F1 Usai GP Kanada, Hamilton Unggul atas Bottas-Vettel

"Bersama kami, Vettel seperti metronom yang menentukan jalannya balapan. Dia sangat kuat saat berada di posisi itu," ujar Christian Horner dikutip BolaSport.com dari AS.

"Sekarang dia berada di bawah tekanan. Dia menanggung semua harapan Ferrari dalam lingkungan yang terlihat seperti panci presto," tuturnya melanjutkan.

Horner lantas membandingkan kondisi yang dialami Vettel sekarang dengan apa yang terjadi kala membalap untuk Red Bull Racing (2009-2014).

"Di Red Bull semua berlangung sangat menyenangkan, bahkan saat kami berhadapan dengan rival yang menyulitkan," kata pria 45 tahun tersebut.

"Untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari seseorang, Anda harus menciptakan lingkungan yang mendukung. Itu sangat penting," tutur Horner melanjutkan. (Doddy Wiratama)



Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X