Lee Chong Wei Jadi Calon CdM Malaysia untuk Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 13/06/2019, 22:00 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, berpose dengan medali emas yang dia raih dari kategori perorangan Commonwealth Games 2018 seusai mengalahkan Kidambi Srikanth, 19-21, 21-14, 21-14, pada laga final di Carrara Sports and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018). SAEED KHAN/AFP PHOTOPebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, berpose dengan medali emas yang dia raih dari kategori perorangan Commonwealth Games 2018 seusai mengalahkan Kidambi Srikanth, 19-21, 21-14, 21-14, pada laga final di Carrara Sports and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018).

KOMPAS.com - Lee Chong Wei tak langsung begitu saja meninggalkan dunia olahraga yang telah membesarkan namanya setelah memutuskan pensiun sebagai atlet bulu tangkis.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, Lee Chong Wei akan ditunjuk menjadi Chef de Mission (CdM) kontingen Malaysia untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Upaya Naturalisasi Maxie Esho Masih Dalam Proses Administrasi

Keputusan itu disampaikan Syed Saddiq saat konferensi pers pengumuman pensiun Lee Chong Wei pada Kamis (13/6/2019).

"Meskipun dia memilih pensiun, semangat juangnya yang tinggi tak berkurang. Semangat juang Lee Chong Wei akan terus membakar semangat para atlet Malaysia," ujar Syed Saddiq.

"Dia adalah pahlawan Malaysia. Setelah berbicara dengan Lee dan Datuk Seri Norza (Ketua Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia), kami menominasikan Lee Chong Wei sebagai chef de mission untuk Olimpiade Tokyo," tutur dia.

Lebih lanjut, Syed Saddiq menilai bahwa saat ini tidak ada orang yang lebih tepat selain Lee Chong Wei untuk mengisi jabatan CdM kontingen Malaysia.

"Lee juga bisa memberikan inspirasi bagi para atlet muda kami," ucap Syed Saddiq.

Pelatih pribadi Lee Chong Wei asal Indonesia, Hendrawan, juga memberikan pujian terhadap sang pemain.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Pemain Baru Real Madrid, Ferland Mendy

Menurut Hendrawnan, Lee Chong Wei merupakan sosok legenda yang sangat disiplin dan penuh tanggung jawab.

"Melihat karakter dia sebagai atlet, saya kira dia pantas dihargai. Dia sudah bekerja keras dan punya komitmen kuat," ucap Hendrawan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X