Jawaban Jorginho terhadap Kritik Fans Chelsea

Kompas.com - 05/06/2019, 06:00 WIB
Jorginho merayakan gol Eden Hazard pada laga Chelsea vs Arsenal dalam final Liga Europa di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, 29 Mei 2019. AFP/OZAN KOSE Jorginho merayakan gol Eden Hazard pada laga Chelsea vs Arsenal dalam final Liga Europa di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, 29 Mei 2019.

KOMPAS.com - Gelandang Chelsea, Jorginho, buka suara mengenai kritik dari fans Chelsea soal gaya permainannya. Dia menyebut orang Inggris tidak biasa melihat tipe playmaker seperti dirinya.

Jorginho jadi kunci perubahan corak permainan Chelsea pada musim 2018-2019. Namun, pendukung klub tersebut tampak tak senang dengan keberadaan Jorginho di lini tengah tim kesayangannya.

Setelah musim ini tuntas, Jorginho memberikan komentar soal kritik penggemar yang dia dapatkan selama ini.

Baca Juga: Bisa Dicap Pengkhianat Napoli, Jorginho Peringatkan Sarri Tak ke Juve

"Saya menerima banyak kritik mungkin karena orang-orang Inggris tak biasa melihat playmaker dengan keahlian seperti saya," ujar Jorginho, seperti dikutip BolaSport.com dari laman Goal.

"Sebab, saya bukan pemain yang mengandalkan kekuatan fisik. Saya pikir saya adalah pemain yang lebih mementingkan memainkan bola," ucap pemuda Brasil berkebangsaan Italia ini menambahkan.

Jorginho juga memandang bahwa gaya main yang dia miliki sulit dimengerti fans karena hasil akhir laga tak selalu bagus.

Pemain berumur 27 tahun tersebut memang menjadi andalan pelatih Maurizio Sarri untuk mengimplementasikan gaya main berbasis penguasaan bola. Alhasil, corak permainan The Blues yang sebelumnya defensif dan mengandalkan serangan balik warisan Jose Mourinho dan Antonio Conte, berubah total.

Media Italia dan media Inggris menamai gaya main ala Maurizio Sarri tersebut dengan Sarrismo atau Sarri-ball.

Baca Juga: Jorginho Bakal Terkejut Jika Sarri Pergi dari Chelsea

Dalam skema Sarri-ball, Jorginho bertugas sebagai dirigen Chelsea saat menyerang, menemukan celah, dan terutama menggulirkan bola secara cepat melalui umpan sekali sentuhan.

Berkat peran tersebut, pesepak bola berpostur 180 sentimeter itu tercatat sebagai pengumpan dengan jumlah tertinggi dari seluruh pemain di Liga Inggris. Total, ada 3.118 umpan yang diciptakan Jorginho sepanjang Premier League musim lalu. (Ahmad Tsalis)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X