Kompetisi Futsal Nasional Usia Muda Targetkan 2.000 Tim Peserta

Kompas.com - 21/05/2019, 18:21 WIB
Justin Lhaksana ditunjuk sebagai Penasihat Teknis oleh Sekjen Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edy Prasetyo, pada Senin (8/4/2019). Dok. Justin LhaksanaJustin Lhaksana ditunjuk sebagai Penasihat Teknis oleh Sekjen Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edy Prasetyo, pada Senin (8/4/2019).

KOMPAS.com - Kompetisi futsal Raftael Algaseries Championship 2019 akan digelar di Indonesia pada Juli sampai Desember mendatang.

Kompetisi tersebut akan diikuti oleh kelompok U-10, U-12, U-14, dan U-16, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

CEO Raftel Group, Lucky Afrinaldi, mengatakan Raftel Algaseries Championship 2019 digelar untuk mencari bibit-bibit pemain futsal yang direncanakan untuk membela tim nasional futsal Indonesia. Futsal dipilih karena olahraga ini sedang digandrungi di Indonesia.

Baca juga: Coach Justin jadi Penasihat Teknis Timnas Futsal Indonesia

"Kompetisi ini kami buat untuk masa depan futsal Indonesia yang harus lebih baik. Kami memperhatikan pembinaan atlet dari usia dini agar ada regenerasi atlet terus berjalan," ucap Lucky Afrinaldi, seperti dilansir BolaSport, saat sesi jumpa pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019).

Tidak adanya kegiatan kompetisi futsal untuk usia dini dan remaja seperti saat ini membuat Indonesia kekurangan pemain-pemain muda futsal potensial.

Turnamen futsal pernah beberapa kali diadakan, tapi hanya untuk jangka pendek, berskala lokal, dan dijalankan ala kadarnya.

"Pesatnya perkembangan futsal di Indonesia harus diimbangi dengan banyaknya penyelenggaraan kompetisi untuk level usia pembinaan yang dikelola secara profesional, tertib, berskala luas, berkelanjutan, berdurasi panjang, dan penerapan sport science," imbuh Lucky Afrinaldi.

Baca juga: Coach Justin Bakal Kembali Terlibat di Timnas Futsal Indonesia

Sebelumnya, Raftel Group yang fokus untuk kompetisi E-Sports, mencoba beralih untuk menggelar kompetisi olahraga fisik, seperti futsal atau sepak bola.

Kompetisi futsal ini merupakan langkah awal untuk melebarkan sayap ke kompetisi lain.

Koordinator Kompetisi Raftael Algaseries Championship 2019, Rijnaldi, mengatakan bahwa pihaknya masih berusaha untuk bersinergi dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI).

"Kita dalam tahapan akan berkomunikasi agar bisa menjadi kegiatan yang rutin dari FFI. Kami masih dalam tahapan itu dan dalam waktu dekat akan bertemu lalu berkomunikasi dengan mereka," kata Ridjaldi.

Raftael Algaseries Championship 2019 sendiri akan menargetkan 2000 tim dan 40 ribu pemain untuk berpartisipasi di kompetisi ini.



Sumber BolaSport

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X