Program Garuda Select Wujudkan Mimpi Pesepak Bola Muda Indonesia

Kompas.com - 18/05/2019, 07:30 WIB
Sejumlah pemain Garuda Select berfoto bersama Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria dan anggota Komite Eksekutif PSSI Gusti Randa, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (17/5/2019) malam.Dok. PSSI Sejumlah pemain Garuda Select berfoto bersama Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria dan anggota Komite Eksekutif PSSI Gusti Randa, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (17/5/2019) malam.

KOMPAS.com - Program Garuda Select yang digagas SuperSoccer TV dan PSSI mewujudkan mimpi 24 pesepak bola muda Indonesia untuk mengasah kemampuan mereka di Inggris.

Selama lima bulan (Januari hingga Mei 2019), para pemain muda Indonesia berlatih dan bertanding di bawah asuhan Dennis Wise selaku Direktur Program, serta Des Walker sebagai pelatih.

Baca juga: Persela Vs Madura United, Tim Tamu Menangi Derbi Jawa Timur

David Maulana dkk mendapatkan pengalaman latihan dengan standar Eropa, serta berkesempatan melawan tim akademi klub-klub ternama Inggris.

Garuda Select sendiri merupakan bagian dari program Elite Pro Academy (EPA) klub Liga 1 U-16 dan U-18.

Langkah ini menjadi jalan bagi Indonesia untuk mengembangkan pemain menuju ajang Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2030.

"PSSI berterima kasih atas dukungan SuperSoccer TV pada program Garuda Select," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, pada Jumat (17/5/2019).

Aksi pemain Garuda Select (putih) saat melawan Chelsea U-16 di Lapangan Akademi Chelsea, Cobham Training Centre, London, Inggris. pada Sabtu (11/5/2019).KOMPAS.com/Eris Eka Jaya Aksi pemain Garuda Select (putih) saat melawan Chelsea U-16 di Lapangan Akademi Chelsea, Cobham Training Centre, London, Inggris. pada Sabtu (11/5/2019).

"Setiap tahunnya, 25 pemain terbaik dari hasil kompetisi EPA U-16 dan U-18 mendapatkan beasiswa belajar, berlatih, dan bertanding di Inggris selama minimal 5 bulan," ucap dia.

Business Development Director SuperSoccer TV, Mirwan Suwarso, menyatakan bahwa SuperSoccer TV, melalui hasil liputannya, berharap para pencinta sepak bola Tanah Air bisa menyimak dan mengambil pelajaran dari kegiatan Garuda Select.

Harapan itu pun terealisasi dengan tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap tayangan program Garuda Select di SuperSoccer TV.

"Dari 17 laga yang dimainkan selama program, pertandingan puncak melawan Chelsea U-16 meraih jumlah rekor penonton terbesar yang pernah diraih SuperSoccer TV yaitu 4.778.982 penonton," kata Mirwan.

Baca juga: Iker Casillas Tanggapi Pernyataan soal Pensiun

"Selain itu, liputan dokumenter berjudul Dream Chasers di SuperSoccer TV, angka tertinggi diraih dari episode 13 yakni mencapai 6.612.942 penonton."

Setelah lima bulan menimba ilmu di Inggris, tim Garuda Select 2019 akan kembali berkompetisi di EPA U-18 dan U-20.

"Kami harap pada 2024 akan ada 250 pemain yang telah memiliki pengalaman bermain dan berlatih di level sepak bola dunia. Insyaallah dari sana akan mengantarkan Indonesia menuju Olimpiade 2024," kata Tisha.




Close Ads X