Kompas.com - 12/05/2019, 12:30 WIB
Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Naby Keita pada laga melawan Huddersfield di Anfield, 26 April 2019. Liverpool menang besar dengan skor 5-0 pada pertandingan pekan ke-36 Liga Inggris ini. Oli SCARFF / AFPPara pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Naby Keita pada laga melawan Huddersfield di Anfield, 26 April 2019. Liverpool menang besar dengan skor 5-0 pada pertandingan pekan ke-36 Liga Inggris ini.

KOMPAS.com - Penentuan siapa yang akan menjadi juara Liga Inggris dapat terjadi pada pekan ke-38 yang dimainkan pada hari ini, Minggu (12/5/2019). Namun, bisa juga tidak.

Dua tim yang masih terlibat perburuan titel Liga Inggris akan berjumpa dengan lawannya masing-masing. Liverpool akan menjamu Wolverhampton di Stadion Anfield, sedangkan Manchester City bertandang ke markas Brighton and Hove Albion.

Pertandingan pekan ke-38 Liga Inggris akan dihelat serentak pada hari ini, Minggu (12/5/2019), pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Brighton Vs Man City, Aguero Selalu Cetak Gol ke Gawang Brighton

Hingga saat ini, Manchester City masih memuncaki klasemen dengan mengumpulkan 95 poin, selisih satu poin dengan Liverpool yang berada di peringkat kedua.

Untuk urusan jumlah gol, pasukan Pep Guardiola itu juga lebih unggul dengan margin +69 gol, sedangkan Liverpool +65 gol.

Klasemen Liga Inggris hingga pekan ke-37 Premier League musim 2018-2019. DOK. BBC Klasemen Liga Inggris hingga pekan ke-37 Premier League musim 2018-2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, bagaimana kombinasi hasil pertandingan jika dalam pekan ke-38 belum ada yang memastikan juara dan akan berlanjut ke play off?

Dengan hasil yang dicatatkan kedua tim sejauh ini, baik jumlah poin dan margin gol, Liverpool dan Manchester City akan melanjutkan perjuangan ke babak play off, dengan catatan : Manchester City kalah 0-4 dari Brighton, sedangkan Liverpool bermain imbang 4-4 kontra Wolves.

Skenario itu bisa juga terjadi jika Manchester City kalah 1-5, Liverpool imbang 5-5. Begitu seterusnya.

Baca juga: Liverpool Vs Wolves, Klopp Puji Kontribusi Divock Origi

Hasil pertandingan yang membuat Manchester City dan Liverpool memiliki jumlah poin dan margin gol sama akan membawa mereka ke pertandingan play off. Gelar juara akan ditentukan dalam babak tersebut.

Kenapa tidak ditentukan dari hasil head to head saja?

Jawabannya, karena selama ini Liga Inggris memang tidak mengenal istilah head to head. Jika poin dan margin gol sama, gelar juara akan ditentukan lewat babak selanjutnya, dalam hal ini play off.

Peluang terjadinya laga play off antara Manchester City dan Liverpool memang sulit dibayangkan. Namun, jika mengingat hasil sepak bola adalah sesuatu yang sulit diprediksi, hal itu bisa saja terjadi.

Yang jelas, sampai saat ini, Asosiasi Sepak Bola Inggris atau Football Association (FA) belum menentukan jadwal laga play off tersebut.



Sumber TalkSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.