Tren Positif Unai Emery di Liga Europa Terus Berlanjut

Kompas.com - 19/04/2019, 14:12 WIB
Unai Emery terus membukukan catatan gemilang di Liga Europa, Jumat (19/4/2019)AFP Unai Emery terus membukukan catatan gemilang di Liga Europa, Jumat (19/4/2019)

KOMPAS.com - Catatan gemilang Unai Emery di Liga Europa terus berlanjut menyusul keberhasilan dirinya membawa Arsenal melangkah ke babak semifinal, Jumat (19/4/2019).

The Gunners memastikan langkah ke semifinal Liga Europa musim ini setelah unggul agregat 3-0 atas wakil Italia, Napoli.

Pada leg pertama yang dihelat di Stadion Emirates, Aaron Ramsey cs menang dengan skor 2-0. Sementara itu, pada leg kedua Arsenal menang tipis 1-0 di markas Napoli, Stadion San Paolo.

Dengan keberhasilannya membawa Arsenal ke babak empat besar, kini Emery menjadi pelatih yang paling banyak menorehkan kemenangan di fase knockout Liga Europa, yakni dengan 26 kemenangan.

Baca juga: Napoli Vs Arsenal, Cech Sebut I Partenopei Lawan yang Tangguh

Pria asal Spanyol ini juga selalu membawa tim-tim yang diasuhnya lolos ke fase gugur di Lga Europa, minimal sampai babak perempatfinal.

Bukan itu saja, Emery pernah membawa Sevilla juara di kompetisi “kasta kedua” tiga kali secara berturut-turut, yakni pada musim 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016.

 

Hingga saat ini, belum ada pelatih mana pun yang mampu menandingi rekor Emery tsersebut.

"Saya tumbuh besar di kompetisi ini, Liga Europa, dan saya pikir itu memberi kami peluang besar ketika kita tidak bisa bermain di Liga Champions. Ini adalah kesempatan untuk membuat sesuatu yang penting,” ujar Emery dilansir dari laman resmi Arsenal.

Emery menganggap Liga Europa penting bagi Arsenal karena bisa menjadi salah satu jalan untuk menuju Liga Champions musim depan.

Baca juga: Napoli Vs Arsenal, Ancelotti Akui The Gunners Tim Bagus

“Kompetisi ini penting bagi kami karena memberi kami kesempatan untuk bermain di Liga Champions tahun depan."

"Di liga domestik banyak tim tangguh mencoba berada di (empat besar), dan Liga Europa bagi saya dan bagi kami sekarang sangat penting," Emery menambahkan.

Pada babak semifinal, Arsenal akan menghadapi wakil Spanyol, Valencia. Laga ini sekaligus menjadi nostalgia bagi Emery karena pernah menjadi juru taktik Valencia sejak 2008 hingga 2012.




Close Ads X