MotoGP, Rossi Lebih Suka Gunakan Aerodinamika Versi Lama

Kompas.com - 20/03/2019, 14:03 WIB
Pebalap Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, menjalani latihan bebas di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar, 8 Maret 2019. AFP/GIUSEPPE CACACE Pebalap Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, menjalani latihan bebas di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar, 8 Maret 2019.

KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, sempat mencoba dua motor dengan pengesetan aerodinamika berbeda pada MotoGP Qatar 2019. Namun peraih tujuh gelar kelas premier ini mengakui lebih suka dengan aerodinamika yang lama.

Pada seri yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar tersebut, Valentino Rossi sempat menggunakan motor dengan aerodinamika lama pada sesi latihan bebas (free practice). Namun, pada sesi kualifikasi, dia menggunakan motor Yamaha YZR-M1 dengan aerodinamika baru.

Baca Juga: Jorge Lorenzo Jelaskan Soal Anggapan Orang Tentang Dirinya yang Arogan

Menurut pebalap dengan julukan The Doctor ini, pihak tim Monster Energy Yamaha memang sudah merencanakan soal penggunaan dua aerodinamika tersebut.

"Kami sudah merencanankan untuk mencoba kedua versi," kata Rossi dikutip BolaSport.com dari Corsedimoto.

Pria asal Italia itu juga mengaku bahwa ada preferensi sendiri dari para pebalap Yamaha yang dia nilai berbeda-beda. Akan tetapi, Rossi mengatakan bahwa tidak ada perbedaan yang cukup jauh soal performa sepanjang pengalamannya melaju pada MotoGP Qatar 2019.

"Maverick Vinales sangat menyukai aerodinamika yang baru, tetapi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli memiliki versi sebelumnya," tutur Rossi.

Baca Juga: Valentino Rossi Masih Percaya dengan Kekuatan Yamaha

"Perbedaannya tidak signifikan. Sejujurnya, saya bilang bahwa kami lebih baik tetap menggunakan aerodinamika lama."

"Namun sejak Yamaha mengumumkan tidak memiliki rencana memperbarui aerodinamika, saya mencoba kedua versi, tetapi saya masih senang dengan yang lama juga."

Pada MotoGP Qatar 2019, Rossi finis kelima meskipun start dari urutan ke-14. Rossi masih memiliki waktu persiapan sebelum turun pada seri kedua MotoGP 2019 yang dijadwalkan berlangsung di Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina, 29-31 Maret. (Bayu Nur Cahyo)

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X