Kepala Bekraf Ungkap Perintah Presiden Jokowi soal E-sports

Kompas.com - 23/12/2018, 19:45 WIB
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menghadiri acara diskusi terkait esport, di kawasan Raden Saleh, Cikini, Jakarta, Minggu (23/12/2018).KOMPAS.com/NUGYASA LAKSAMANA Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menghadiri acara diskusi terkait esport, di kawasan Raden Saleh, Cikini, Jakarta, Minggu (23/12/2018).

KOMPAS.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) Triawan Munaf mengungkapkan kisah menarik yang berkaitan dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan dunia e-sports.

Kisah itu dinyatakan Triawan Munaf saat menghadiri acara diskusi bertajuk "Games sebagai Peluang Usaha dan Profesi untuk Generasi Milenial di kawasan Raden Saleh, Cikini, Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Menurut Triawan, Jokowi pernah tiba-tiba menghubunginya pada malam hari untuk menggencarkan dunia e-sports di Tanah Air.

"Pak Jokowi ngomong ke saya, 'Pak Triawan, tolonglah dibuatkan kegiatan e-sports'. Tentu ini menarik sekali karena sekelas Presiden saja sudah mulai memikirkan e-sports," ujar Triawan.

Baca juga: E-Sports, PUBG Corp Resmi Rilis Gim PUBG untuk Konsol PS 4

Jokowi, kata Triawan, meminta Bekraf untuk membuat sebuah kompetisi e-sports yang nantinya dinamakan Piala Presiden.

Triawan pun berjanji pihak Bekraf akan segera merumuskan konsep kompetisi tersebut dan rencananya bakal digelar pada 2019 mendatang.

"Saya sampai dua kali ditelepon Pak Jokowi untuk membahas masalah e-sports," tutur Triawan.

Triawan menilai hal tersebut sebagai bukti bahwa pemerintah, khususnya Jokowi, sudah mulai mengakui e-sports sebagai salah satu industri yang menjanjikan.

Baca juga: CEO ONE Championship Ungkap Alasan Rambah Bisnis E-Sports

Sejauh ini, Bekraf sudah berupaya menggencarkan e-sports dalam kegiatan bertajuk Game Prime yang pada Juli 2018 lalu digelar di Balai Kartini, Jakarta.

"Tahun depan, kegiatan e-sports kami akan lebih gulirkan lagi. Persiapan sudah dilakukan mulai tahun ini dan tahun depan akan kami puncaki dengan Piala Presiden untuk e-sports," kata Triawan.

Saat ini, dunia games memang sudah menjadi salah satu dari 16 subsektor yang diprioritaskan Bekraf.

Games, atau khususnya e-sports, dinilai dapat menjadi peluang usaha atau profesi yang sangat berkembang di kalangan milenial Tanah Air.




Close Ads X