Thoriq Alkatiri Dinobatkan sebagai Wasit Terbaik Liga 1 2018

Kompas.com - 21/12/2018, 15:47 WIB
Thoriq Munir Alkatiri (kiri) saat menerima penghargaan wasit terbaik Liga 1 2018 dari Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigorshalom Boboy (kanan), Jumat (21/12/2018). DOK. PT Liga Indonesia BaruThoriq Munir Alkatiri (kiri) saat menerima penghargaan wasit terbaik Liga 1 2018 dari Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigorshalom Boboy (kanan), Jumat (21/12/2018).

KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru ( PT LIB) menobatkan Thoriq Munir Alkatiri sebagai wasit terbaik kompetisi Liga 1 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigorshalom Boboy, Jumat (21/12/2018). Thoriq Alkatiri mengaku bangga bisa menerima penghargaan ini dan akan berusaha menjadi lebih baik musim depan.

"Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi motivasi saya untuk selalu menjaga performa. Ini juga menjadi sebuah kebanggaan sekaligus beban untuk saya," kata Thoriq dalam siaran pers yang diterima Kompas.com dari PT LIB.

"Saya bersyukur mendapatkan dukungan penuh dari keluarga dan rekan-rekan karena menjadi wasit adalah pekerjaan utama saya," ujar pria asal Purwakarta ini menambahkan.

Baca juga: PT LIB Umumkan 11 Pemain Terbaik Liga 1 2018, Siapa Saja?

Pada musim lalu, Thoriq total memimpin 16 pertandingan serta dua kali bertugas sebagai wasit keempat di Liga 1. Dalam 16 laga itu, Thoriq mengeluarkan 59 kartu kuning dan tiga kartu merah.

Selain ketegasan di lapangan, terdapat lima kriteria lain untuk menentukan wasit terbaik.

Kelima aspek itu adalah appearance (kerapian dan kepercayaan diri), performance (gestur tubuh dan kondisi fisik), communication (cara berkomunikasi kepada pemain dan ofisial serta cara menghadapi protes pemain dan ofisial) dan handicap atau gengsi sebuah pertandingan..

Ini bukan pertama kali Thoriq meraih gelar wasit terbaik. Sebelumnya, Thoriq meraih gelar itu pada 2014 serta dua turnamen pramusim 2015 dan 2016.

Baca juga: Rekam Jejak Isu Pengaturan Skor di Sepak Bola Indonesia pada 2018

Tidak hanya di Indonesia, Thoriq juga memiliki reputasi di Asia.

Sejak 2014, Thoriq telah memiliki lisensi FIFA. Selain itu, Thoriq juga merupakan satu-satunya wasit Indonesia yang masuk jajaran wasit Elite AFC dan dipercaya memimpin pertandingan level Asia seperti Liga Champions Asia 2018.

Masuknya Thoriq dalam jajaran wasit Elite AFC juga merupakan kebanggaan bagi dunia perwasitan di Tanah Air. Pasalnya, bukan hal yang mudah bagi wasit yang sudah memiliki lisensi FIFA sekalipun untuk bisa masuk dalam jajaran elite wasit AFC.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X