Laga Skotlandia Vs Inggris, Pertandingan Sepak Bola Internasional Pertama - Kompas.com

Laga Skotlandia Vs Inggris, Pertandingan Sepak Bola Internasional Pertama

Kompas.com - 30/11/2018, 17:02 WIB
Pertandingan Skotlandia dan InggrisIndia Today Pertandingan Skotlandia dan Inggris

KOMPAS.com - Sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia, tentu itu hal yang umum diketahui. Untuk menunjang pernyataan itu, data dari GlobalWebIndex memperlihatkan bahwa lebih dari 3,4 miliar penduduk dunia menonton setidaknya satu pertandingan dalam Piala Dunia 2018.

Banyak pertandingan sepak bola yang telah disuguhkan, baik itu dalam bentuk liga atau turnamen seperti Piala Eropa dan Piala Dunia. Namun, kapankah pertandingan sepak bola internasional pertama kali digelar?

Dilansir dari India Today, pertandingan sepak bola internasional kali pertama tersaji antara Inggris melawan Skotlandia hari ini pada 146 tahun silam.

Ketika itu perhelatan terselenggara di lapangan Cricket West of Scotland di Hamilton Crescent, yang terletak di Partick pada 30 November 1872.

Pra-pertandingan

Setidaknya terdapat lima pertandingan tak resmi yang dimainkan antara tim yang mewakili Skotlandia dan Inggris sejak 1870-an. Namun, tak satu pertandingan pun yang bisa dimenangkan oleh tim dari Skotlandia.

Meski demikian, tetap ada keinginan bagi pencinta sepak bola di Inggris dan Skotlandia untuk melihat pertandingan antarnegara.

Ketika itu, Charles Alcock yang merupakan sekretaris FA (badan sepak bola Inggris) membuat surat resmi untuk menggelar laga Skotlandia melawan Inggris.

Tantangan ini diterima dengan baik. Queen's Park Footbal Club, sebagai klub terbesar yang mewakili Skotlandia menerima tawaran dari Alcock untuk ikut dalam pertandingan internasional tersebut.

Pertandingan dan lokasi disepakati di Glasgow karena menjadi lokasi terbaik untuk pertandingan tersebut.

Laga dan hasil

Sekitar 4.000 orang hadir dan menyaksikan pertandingan internasional itu. Ada juga tempat prioritas khusus bagi penonton perempuan yang gratis.

Ketika itu, pemain Skotlandia menggunakan seragam wana biru. Penggunaan warna ini dikarenakan semua pemain berasal dari klub sepak bola tertua di Skotlandia, Queen's Park. Warna ini bukan karena bendera Skotlandia.

Sedangkan, tim Inggris menggunakan seragam warna putih.

Lapangan penuh lumpur karena hujan lebat turun tiga hari sebelum pertandingan. Pukul 14.00 waktu pertandingan dimulai, namun mundur 15 menit karena persiapan kedua tim belum maksimal.

Dilansir dari BBC, pemain Skotlandia dipimpin oleh Bon Gardner. Sementara itu, Inggris terdiri dari beberapa tim dan dipimpin oleh Robert Barker dari Hertfordshire Rangers.

Setelah mengakhiri hingga 90 menit pertandingan berakhir imbang tanpa gol. Hasil yang adil untuk kedua belah pihak karena pertandingan yang sangat seimbang

Permainan ini akan terus menghasilkan gairah luar biasa dari para pendukung dan menginspirasi generasi demi generasi untuk mewakili negara mereka.

Pertandingan antara Inggris dan Skotlandia itu juga tercatat sebagai pertandingan internasional tertua di dunia.

Karena popularitas dari pertandingan penting ini, keinginan untuk pertandingan ulang muncul. Pertemuan berikutnya antara kedua negara berada di Kennington Oval di mana Inggris menang 4-2.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X