Piala AFF 2018, Sven-Goran Eriksson Akui Tak Paham Sepak Bola ASEAN

Kompas.com - 05/11/2018, 20:30 WIB
Pelatih asal Swedia, Sven Goran Eriksson.STR/AFP Pelatih asal Swedia, Sven Goran Eriksson.

KOMPAS.com - Setelah ditunjuk sebagai pelatih anyar timnas Filipina, Sven-Goran Eriksson, baru berbicara ke media pada Senin (5/11/2018).

Dalam konfrensi pers itu, pernyataan Erikkson yang menarik adalah dirinya mengaku tidak tahu banyak tentang sepak bola Asia Tenggara.

Untuk itu, menghadapi Piala AFF 2018 nanti, Erikkson akan memaksimalkan peran para stafnya yang punya pengetahuan lebih banyak.

"Saya ingin melakukan hal berbeda di sini dari yang telah kami lakukan sebelumnya. Saya bisa dengan mudah mengatakan (target) adalah juara. Saya tidak tahu apakah itu realistis jika pertama kali," ujar Eriksson dilansir BolaSport.com dari PhilStar.

"Saya punya pengalaman di Asia, Australia, Korea, Jepang, dan China tetapi tidak di bagian Asia ini. Tetapi sepak bola kurang lebih sama di seluruh dunia. Jika Anda bisa melakukan di Eropa, Anda bisa juga melakukan di Asia," tambahnya.

Baca juga: Sven-Goran Eriksson Datang, Para Pemain Keturunan Filipina Ramai Ingin Bela Timnas

Untuk mencapai target juara itu, Eriksson akan dibantu Scott Cooper yang kini menjadi penasehat senior The Azkals.

Cooper pernah dua kali menjadi pelatih timnas Filipina, setelah Terry Butcher memilih mundur dari jabatan pelatih kepala.

"Scott Cooper sangat penting bagi tim. Ia tahu lebih banyak soal sepak bola Filipina ketimbang saya," ujar Eriksson.

"Saya bersama staf pelatih mencoba melakukan yang terbaik di Piala AFF daripada yang Filipina telah lakukan sebelumnya. Ada tekanan, tetapi kami mencoba melaluinya," kata Eriksson optimistis.

Baca juga: Ada Kenangan Indah Bima Sakti dengan Sven-Goran Eriksson saat Timnya Bersua di Piala AFF 2018

Filipina akan memulai kampanye di Piala AFF 2018 saat menjamu Singapura di Stadion Panaad, Filipina, Selasa (13/11/2018).

Tergabung di grup B, The Azkals juga akan menghadapi Indonesia, Thailand, dan Timor-Leste. (Bagas Reza Murti)



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X