IKIP PGRI Pesta Gol ke Gawang UPB - Kompas.com

IKIP PGRI Pesta Gol ke Gawang UPB

Kompas.com - 02/10/2018, 21:20 WIB
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak melangkah ke final LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference 2018. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak melangkah ke final LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference 2018.


PONTIANAK, Kompas.com  -- Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak melangkah ke final LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference 2018. Di semifinal pada Selasa (2/10/2018), IKIP PGRI mengalahkan Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak dengan skor 11-3.

UPB lolos ke semifinal sebagai juara Pul A dengan catatan selalu menang di ketiga laga fase grup. IKIP PGRI merupakan peringkat kedua Pul B, yang kemudian menjadi runner-up terbaik yang juga berhak atas tiket ke empat besar.

Kelolosan IKIP PGRI ke empat besar terjadi melalui gol di menit terakhir. Jalan IKIP PGRI ke final tidak sedramatis laga terakhir mereka di fase grup menghadapi Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) pada Senin (1/10) itu.

Duel di GOR Pangsuma, Pontianak, ini berlangsung ketat sejak sepak mula. Kedua tim bergantian meluncurkan serangan. Skor baru berubah pada menit kesembilan. Melalui serangan balik, pemain UPB, Eduot Ka (9) menceploskan assist Dio Perdika Sitopu (3).

IKIP PGRI menunjukkan kematangan hingga bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-12. Yohanes Vianney Gabhe (9) melepaskan gol tembakan keras dari sisi kiri pertahanan UPB. IKIP PGRI bahkan berbalik unggul pada menit ke-17 melalui aksi individual Yohanes Vianney.

UPB mendapat momentum setelah time-out. Di menit ke-18, Muhamad Syaahidiin (11) memanfaatkan kelengahan lini belakang IKIP untuk menceploskan bola di depan gawang tim lawan. Skor 2-2.

Akan tetapi, IKIP PGRI memperlihatkan ketenangan. Semenit kemudian, Rafi'i (10) membawa IKIP memimpin lagi lewat aksi individual. Setelah menggiring bola dari belakang, tembakannya, yang mengenai pemain lawan, mengecoh kiper UPB.

IKIP unggul dua gol di menit terakhir. Tembakan Yohanes Vianney mengujam pojok kiri atas gawang UPB.

Duel masih berimbang di separuh pertama babak kedua bila melihat bertahannya skor 4-2. Yoga Erlangga (3) membawa IKIP menjauh. Namun, UPB membalas beberapa detik setelahnya melalui M. Syaahidiin.

IKIP PGRI menegaskan kefavoritan mereka di lima menit terakhir. Mereka membombardir gawang lawan.

Hervi Arifebrian Ramadhani (11) mencetak hattrick. Rafi'i menambah satu gol. Yohanes Vianney membuat dua gol lagi untuk total lima gol dirinya di laga itu.

Dengan kemenangan telak, 11-3 ini, IKIP PGRI menjadi tim pertama yang dua tahun berturut-turut menembus laga puncak LIMA Futsal Kalimantan Conference. Musim silam, IKIP PGRI kalah di detik-detik terakhir dari Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Musim ini, sang juara bertahan absen berlaga di LIMA Futsal KC.

Di final pada Rabu (3/10), IKIP PGRI akan berhadapan dengan pemenang semifinal kedua antara Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) dan Universitas Tanjung Pura (Untan) Pontianak.



Close Ads X