Kompas.com - 26/07/2018, 20:20 WIB
Andrea Pirlo tampil memperkuat New York City FC dalam laga kontra Toronto FC di Yankee Stadium, New York, pada 13 Maret 2016. AFPAndrea Pirlo tampil memperkuat New York City FC dalam laga kontra Toronto FC di Yankee Stadium, New York, pada 13 Maret 2016.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, mengaku akan sangat senang jika Andrea Pirlo mau menjadi asisten dalam jajaran kepelatihannya.

Andrea Pirlo saat ini memang sudah tidak aktif lagi bermain sepak bola. Pirlo memutuskan pensiun pada akhir musim lalu, tepatnya Oktober 2017, setelah tampil dalam kompetisi Major League Soccer (MLS) bersama New York City FC.

Terkait masa depannya, Pirlo sudah menyatakan ingin menjajal dunia adu strategi atau pelatih.

Menanggapi hal ini, Mancini menyebut Pirlo adalah orang spesial yang akan membantunya di timnas Italia.

Baca juga: CEO Juventus: Kami Bahkan Menawarkan Higuain untuk Membawa Bonucci Pulang

"Mari kita tunggu sampa itu resmi. Andrea memang ingin menjadi pelatih. Jadi ini adalah jalan yang benar untuk diambil (asisten pelatih timnas Italia)," kata Mancini dikutip dari Football Italia, Kamis (26/7/2018).

"Ini akan menjadi awal yang baik untuk dirinya. Kami sedang menunggu dan alangkah lebih baik jika ada orang seperti dia bersama kami," ujar mantan pelatih Inter Milan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak awal Juni lalu, Pirlo memang sudah mengikuti kursus kepelatihan khusus untuk mantan pemain profesional di Italia.

Kursus ini dilakukan di pusat teknis Coverciano dan memiliki program berdurasi 210 jam pelajaran yang berakhir pada 19 Juli 2018.

Mereka yang lulus dari kursus ini akan mendapatkan sertifikat pelatih UEFA B ataupun UEFA A.

Sertifikat UEFA B bisa digunakan sang pelatih baru untuk menangani semua tim junior, termasuk Primavera, plus tim yang bermain di Serie C.

Baca juga: Hasil Tes Medis Cristiano Ronaldo seperti Usia 20 Tahun

Sedangkan sertifikat UEFA A memberikan jalan untuk menangani tim di dua kompetisi tertinggi Liga Italia: Serie A dan Serie B.

Langkah yang diambil Pirlo ini bisa dibilang tidak lepas dari mantan rekannya di AC Milan yang sudah lebih dulu menjadi pelatih, Gennaro Gattuso (AC Milan), Fillipo Inzaghi (Bologna FC) dan Alessandro Nesta (Perugia).

Ketiga mantan pemain ini adalah rekan Pirlo ketika meraih sukses bersama AC Milan dengan meraih dua gelar Liga Champions (2003 dan 2007) serta berbagai gelar domestik lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.