Kompas.com - 10/07/2018, 16:32 WIB
Ekspresi kekecewaan pemain Rusia usai kekalahan timnya dari Kroasia pada laga babak perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion The Fisht di Sochi, Sabtu (7/7/2018) waktu setempat. Kroasia menang 4-3 melalui adu penalti dan memastikan satu tempat di babak semifinal. AFP PHOTO/ADRIAN DENNISEkspresi kekecewaan pemain Rusia usai kekalahan timnya dari Kroasia pada laga babak perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion The Fisht di Sochi, Sabtu (7/7/2018) waktu setempat. Kroasia menang 4-3 melalui adu penalti dan memastikan satu tempat di babak semifinal.

KOMPAS.com - Keberhasilan timnas Rusia melangkah hingga babak perempat final Piala Dunia 2018 tercoreng oleh dugaan penggunaan doping para pemainnya.

Menurut laporan media Jerman, Seddeutsche Zeitung, sejumlah pemain Rusia menghirup amonia saat pertandingan guna meningkatkan performa di lapangan.

Amonia memang tidak termasuk dalam daftar zat yang dilarang oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Namun efek menggunakan adalah bisa mendongkrak kondisi fisik seseorang layaknya doping.

Baca juga: Skuad Brasil Tiba di Bandara Rio de Janeiro, Neymar Berulah dan Bikin Kecewa Fans

Zat tersebut mampu merangsang pernapasan dan meningkatkan aliran oksigen dalam darah.

Dokter timnas Rusia, Eduard Bezuglov, tak menampik bahwa Denis Cheryshev dkk memakai amonia. Namun, ia tak setuju bila amonia disebut masuk golongan doping.

"Anda bisa pergi ke apotek dan membeli amonia. Semua ini tak ada hubungannya dengan doping," ucap Bezuglov.

Hal sebaliknya dituturkan oleh Fritz Sorgel yang merupakan ahli kimia dari Jerman.

"Menurut saya, itu adalah doping," kata Sorgel.

Seddeutsche Zeitung bukanlah media Jerman pertama yang mengabarkan penggunaan amonia di skuad Rusia.

Baca juga: 5 Film Terbaik Tentang Piala Dunia, dari Pele hingga Kisah Tragis Bek Kolombia

Sebelumya, Bild mempublikasi gambar seorang pemain yang sedang menghirup sesuatu sebelum memasuki lapangan.

Meskipun begitu, langkah tim berjulukan Beruang Merah ini harus terhenti pada babak perempat final. Rusia kalah lewat adu penalti oleh Kroasia dengan skor 3-4. (Ade Jayadireja)



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X