Kompas.com - 13/06/2018, 07:46 WIB

Laporan langsung wartawan BolaSport.com, Firzie A. Idris dari Rusia.

MOSKWA, KOMPAS.com - Selasa, 12 Juni 2018. Pengamanan di pusat Kota Moskwa terasa berbeda, semakin ketat, dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

Red Square, alun-alun besar di pusat Kota Moskwa ditutup sama sekali dari publik untuk persiapan Russian Day pada hari tersebut.

Area di sekitar Red Square pun dikenakan pengamanan berlapis dengan berbagai check point di banyak area sekitar Kremlin dan Saint Basil's Cathedral.

Baca juga: Besar dan Mati Bob Marley dengan Sepak Bola

BolaSport.com memantau dan mengalami bagaimana susahnya menavigasi dari check point ke check point.

Antrean beberapa kali terjadi. Para pengunjung yang ingin melihat Makam Lenin dan mengunjungi Red Square sendiri harus menunda harapan.

Alur pengunjung juga sangat diatur dengan beberapa akses hanya bisa dilalui satu arah.

Hal ini membuat banyak turis, termasuk suporter dari negara-negara peserta Piala Dunia 2018, kebingungan. Hujan yang mengguyur ibu kota Rusia pada hari itu menambah "kelabu" suasana. 

Barisan prajurit VDV (pasukan penerjun elite Rusia) berbaris menuju Red Square di pusat kota Moscow jelang perayaan Russia Day pada 12 Juni 2018.
TABLOID BOLA/HERKA YANIS PANGARIBOWO Barisan prajurit VDV (pasukan penerjun elite Rusia) berbaris menuju Red Square di pusat kota Moscow jelang perayaan Russia Day pada 12 Juni 2018.

Selain pejalan kaki, pengamanan ketat juga berlaku bagi para motoris. Mobil-mobil taksi dan bus tak bisa berhenti sedikit pun di jalan Ulitsa Okhtony Riyad yang sejejer paralel dengan Red Square.

Patroli polisi senantiasa datang menghampiri mereka sembari membunyikan sirine dan klakson untuk menyuruh maju.

Pihak keamanan memang tidak mau mengambil risiko jelang perayaan Russia Day yang telah menjadi hari libur nasional sejak 1991. 

Baca Juga: Musim Mudik yang Bahagia, Lupakan Jalan Tol Mari Nikmati Piala Dunia!

Hari itu merupakan perayaan lahirnya Federasi Rusia serta pengadopsian Konsitusi Rusia yang baru dan memulai jalan panjang Rusia untuk mereformasi diri dari entitas lamanya, Uni Soviet.

Russian Day kerap dirayakan dengan konser musik dan pesta kembang api serta parade militer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BolaSport


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.