Kompas.com - 09/06/2018, 16:50 WIB
Megabintang Argentina, Lionel Messi, merayakan gol yang dicetak ke gawang Haiti dalam laga persahabatan di Stadion La Bombonera, Buenos Aires, Argentina pada 29 Mei 2018.
EITAN ABRAMOVICH/AFPMegabintang Argentina, Lionel Messi, merayakan gol yang dicetak ke gawang Haiti dalam laga persahabatan di Stadion La Bombonera, Buenos Aires, Argentina pada 29 Mei 2018.

KOMPAS.com - Legenda Brasil, Rivaldo, menilai bahwa megabintang Barcelona, Lionel Messi, belum bisa disebut sebagai legenda untuk timnas Argentina.

Jika diberi standar, Messi dituntut minimal harus menyamai raihan Diego Maradona yang menjadi legenda hidup sepak bola Argentina.

"Jadi, mungkin untuk Argentina, Messi tidak pada tingkat legenda untuk para suporter Argentina. Tidak peduli apa yang telah Anda lakukan untuk klub Anda. Messi telah memenangi banyak gelar dengan Barcelona, Liga Champions berkali-kali, dan La Liga," kata Rivaldo dikutip BolaSport.com dari laman Goal.

"Ini penting bagi pendukung klub, tetapi untuk orang Argentina, penting untuk memenangi Piala Dunia. Tentu saja, Anda dapat memahami bahwa karena semua kompetisi sepak bola Piala Dunia adalah yang paling penting dan itu adalah puncak juara," kata Rivaldo.

Baca juga: Tepis Rumor Konflik, Dybala Siap Bantu Messi Raih Gelar Piala Dunia

Namun, di sisi lain, kritik ini merupakan bentuk dukungan Rivaldo agar Messi bisa membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 2018 dan meraih trofi Piala Dunia pertamanya.

Dengan itu, Messi akan sejajar tempatnya dengan Diego Maradona di mata masyarakat Argentina.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika Anda belum menang, orang mungkin merasa bahwa Anda perlu melakukannya," ucap Rivaldo.

"Saya pikir bahwa sampai Messi memenangi Piala Dunia, orang Argentina tidak akan menganggapnya sebagai legenda pada tingkat yang sama seperti Maradona," kata Rivaldo.

Baca Juga: Jelang Partai Perdana Piala Dunia 2018, Timnas Spanyol Pastikan Ditinggal 1 Pemain

Bahkan, legenda Brasil ini melihat bahwa peluang juara Argentina dan Lionel Messi di Piala Dunia 2018 cukup besar.

"Dia dalam kondisi 100 persen sekarang, dia punya kualitas dan Argentina bermain bagus. Mudah-mudahan dia akan membawa mereka ke final karena mungkin ini adalah kesempatan terakhirnya untuk melakukan itu," tutur Rivaldo.

"Dia mungkin belum menjadi legenda untuk semua orang Argentina, tetapi untuk sepak bola secara keseluruhan, dia sudah menjadi legenda," kata mantan pengguna nomor 10 timnas Brasil ini. (Aditya Fahmi Nurwahid)

 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Grup D Piala Dunia 2018 Rusia



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X