Kompas.com - 06/05/2018, 09:03 WIB
Menpora Imam Nahrawi membuka liga gulat mahasiswa 2018 di Kota Semarang, Sabtu (5/5/2018) KOMPAS.com/NAZAR NURDINMenpora Imam Nahrawi membuka liga gulat mahasiswa 2018 di Kota Semarang, Sabtu (5/5/2018)


SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi membuka liga gulat mahasiswa tahun 2018 di Kota Semarang, Sabtu (5/5/2018) petang. Dia berharap gulat bisa menjadi idola bagi kaum remaja. 

Menpora Imam Nahrawi berharap gulat menjadi cabang olahraga yang digemari oleh kawula muda, pelajar, hingga anak-anak.

"Liga gulat ini penting karena bisa memotivasi untuk menjadi yang terbaik. Tinggal nanti gulat menjadi idola agar anak-anak muda mau menjadi pegulat," ujar Imam.

Imam mengatakan, gulat perlu terus disosialisasikan agar olahraga ini digemari masyarakat. Oleh karena itu, pernak-pernik kecil soal gulat mulai dari kepelatihan, teknik, gizi, hingga menu sarapan atlet harus disampaikan kepada publik.

Baca juga: MotoGP Spanyol 2018 - Komentar Cal Cructhlow Usai Ungguli Pedrosa dan Marquez

"Mengapa cabang olahraga lain populer karena itu dipublikasi dari pernak-pernik kecil ke masyarakat, mulai kepelatihan, sampai gizi dan nutrisi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Gular Seluruh Indonesia (PGSI) Jawa Tengah Andreas Budi mengatakan, liga gulat mahasiswa diikuti oleh 12 kampus dari berbagai wilayah di Indonesia dengan 18 atlet utama.

Liga gulat digelar selama tiga seri, yaitu di Semarang, Magelang dan Sukoharjo. Konsep pertandingan gulat dengan konsep liga dinilai yang pertama kali di Jawa Tengah.

"Sesi pertama itu jadi patokan, lalu seri kedua diharap atlet terus melatih diri dan ketiga penentuan siapa yang terbaik," ujarnya.

Liga gulat digelar dengan enam kelas. Ada kelas gaya bebas putra, gaya bebas putri, dan kelas gaya yang lain.

"Kami ingin menekankan bahwa olahraga gulat ini aman," tuturnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.