Kompas.com - 24/04/2018, 21:13 WIB

KOMPAS.com - Persija Jakarta melangkah pasti ke babak semifinal Zona ASEAN dalam ajang Piala AFC 2018. Tiket itu diraih setelah Persija mengalahkan Tampines Rovers 4-2 dalam laga terakhir Grup H Piala AFC 2018 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4/2018).

Persija unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-21. Sepakan keras Rezaldi Hehanussa dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan Riko Simanjuntak tidak bisa ditepis kiper Tampines Rovers, Haikal Hasnol.

Berselang lima menit, Tampines Rovers bisa menyamakan kedudukan setelah tandukan Jordan Webb tak mampu dibendung kiper Persija, Andritany Ardhiyasa. Namun pada menit ke-45, Persija kembali unggul.

Riko melakukan solo run ke dalam kotak penalti lawan. Meskipun berpeluang membuat gol, Riko justru memberikan umpan kepada Marko Simic yang tidak terkawal di mulut gawang sehingga striker asal Kroasia itu dengan mudah menceploskan si kulit bulat.

Pada babak kedua, Persija hanya membutuhkan waktu enam menit untuk menambah keunggulan menjadi 3-1. Lagi-lagi Riko menjadi aktor penting gol karena mantan pemain Semen Padang itu memberikan umpan mendatar kepada Novri Setiawan yang tidak terkawal sehingga bisa melepaskan tembakan keras.

Persija kembali melebarkan keunggulannya pada menit ke-71. Akselerasi Addison Alves yang masuk menggantikan Simic, tak mampu dibendung barisan pertahanan tuan rumah. Pemain bernomor punggung 8 itu melepaskan tendangan keras ke pojok kanan bawah gawang Tampines.

Tujuh menit kemudian, tuan rumah bisa mencetak gol balasan. Pemain yang menggantikan Mustafic Fahrudin, Fazrul Nawaz, menanduk bola dan melewati garis gawang meskipun sempat dihalau bek Persija, sehingga skor menjadi 4-2 yang bertahan hingga laga usai.

Dengan demikian, Persija memuncaki klasemen. Ismed Sofyan dkk memiliki 13 poin.

Selanjutnya, Persija akan melakukan pertandingan melawan juara Grup F, G dan runner-up terbaik. Namun, pasukan Ibu Kota Indonesia itu harus menunggu hasil undian untuk mengetahui siapa lawannya.

Leg pertama babak semifinal Zona ASEAN akan berlangsung pada 7-8 Mei, sedangkan pertandingan kedua digelar pada 14-15 Mei 2018. (Mochamad Hary Prasetya)

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.