Timnas U-22 Harus Mewaspadai Pengalaman Timor Leste di Stadion Selayang

Kompas.com - 19/08/2017, 14:30 WIB
Pesepak bola Timnas U-22 Septian David Maulana (kedua kiri) dihadang pesepak bola Filipina U-22 Julian Mariano berusaha melepas tendangan pada babak penyisihan grup B SEA Games XXIX di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (17/8/2017). ANTARA FOTO / WAHYU PUTRO APesepak bola Timnas U-22 Septian David Maulana (kedua kiri) dihadang pesepak bola Filipina U-22 Julian Mariano berusaha melepas tendangan pada babak penyisihan grup B SEA Games XXIX di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (17/8/2017).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Timnas U-22 Indonesia akan menghadapi timnas U-22 Timor Leste dalam laga ketiga penyisihan Grup B SEA Games 2017. Duel akan berlangsung di Stadion Majlis Perbandaran (MP) Selayang, Selangor, Minggu (20/8/2017) sore.

Bagi skuad Garuda Muda, ada hal baru dalam pertandingan kali ini selama mereka berjuang dalam event dua tahunan tersebut, yakni lapangan atau stadion tempat pelaksanaan pertandingan. Ini akan menjadi aksi pertama pasukan Luis Milla di lapangan tersebut.

Ya, Stadion MP Selayang baru kali ini dipakai Timnas U-22. Dua laga sebelumnya, Hansamu Yama dan kawan-kawan selalu bermain di Stadion Shah Alam, Selangor.

Baca Juga: Johan Cruyff dan Claudio Ranieri "Meracuni" Permainan Timnas U-22

Tanpa sesi uji coba lapangan, pasti ada pengaruh dalam performa para pemain, walaupun tak banyak. Lihat saja yang terjadi pada laga perdana, 15 Agustus 2017. Meskipun terlihat lancar, beberapa kali pemain Indonesia terpeleset di lapangan, salah satunya Marinus Wanewar.

Hal-hal seperti ini sebenarnya bisa diantisipasi jika tim diberikan minimal sekali uji lapangan yang akan dipakai untuk bertanding.

"Kami mempertanyakan kepada panitia kenapa tak ada sesi uji lapangan," ujar Manajer Timnas U-22 Indonesia, Endri Erawan, selepas laga perdana kontra Thailand.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca Juga: Kapan Saat yang Pas buat Timnas U-22 Bobol Gawang Timor Leste

Pada laga kedua kontra Filipina, Timnas U-22 tetap memakai stadion yang kini jadi markas klub Liga Super Malaysia, PKNS FC. Hasilnya lebih meyakinkan karena Evan Dimas dkk menang 3-0. Selain karena kualitas Filipina di bawah Thailand, para pemain sudah lebih beradaptasi dengan lapangan yang telah digunakan dalam laga perdana.

Namun untuk laga ketiga, Timnas U-22 harus perlu adaptasi lagi karena pertandingan digelar di Selayang. Jika Garuda Muda masih kikuk, lain halnya dengan Timor Leste, yang berpengalaman bermain di lapangan tersebut meskipun selalu kalah dalam dua laga sebelumnya.

Grafik tim berjulukan O Sol Nascente selalu membaik. Setelah kalah 0-4 dari Vietnam pada laga perdana, mereka hanya tumbang 0-1 dari Thailand dalam pertandingan terbaru. Artinya, adaptasi Timor Leste dengan lapangan di Stadion MP Selayang cukup bagus. Ini yang patut diwaspadai oleh Timnas U-22.

Selain itu, sejak Timor Leste mengikuti SEA Games dan mengirim tim sepak bola, Indonesia baru sekali bersua dengan negara termuda di Asia Tenggara tersebut. Dua negara ini bertemu pada fase penyisihan SEA Games 2013 Yangoon, Myanmar, dengan hasil imbang tanpa gol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.