Cerita di Balik Kesalahan Nama Friska Womsiwor

Kompas.com - 07/07/2017, 16:48 WIB
Pemain muda Persipura Jayapura, Friska Womsiwor, saat menjalani sesi wawancara dengan KOMPAS.com, Jumat (7/7/2017). 
FERRIL DENNYS/KOMPAS.comPemain muda Persipura Jayapura, Friska Womsiwor, saat menjalani sesi wawancara dengan KOMPAS.com, Jumat (7/7/2017).
|
EditorAloysius Gonsaga AE


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain muda Persipura Jayapura, Friska Womsiwor, sedang menjadi buah bibir setelah mencetak hat-trick ke gawang Mitra Kukar pada pertandingan Liga 1 di Stadion Mandala, Senin (3/7/2017). Berkat penampilan Friska, Persipura menang 6-0.

Friska pun membukukan sebuah rekor di balik catatan penampilan impresifnya tersebut. Pemain kelahiran 3 Mei 1995 tersebut menjadi pemain lokal pertama yang mencetak trigol di Liga 1.

Baca juga: "Winger" Muda Persipura Berusaha Patuhi Nasihat Boaz Solossa

Ada yang menarik di balik nama winger Persipura tersebut. Dicatat Liga 1, nama Friska ditulis menjadi Priska.

Liga 1 bukannya salah menulis. Friska pun memiliki cerita di balik kesalahan namanya tersebut.

Cerita tersebut bermula saat Friska menulis nama dirinya dalam pembuatan ijazah kelulusan dari SD Inpres 30 di Ransiki. Friska harus menuliskan namanya sendiri karena dia belum memiliki akte lahir saat itu.  

"Saya tulis Friska. Namun, guru kelas menulis nama saya Prisca. Sudah dari situ saya tidak tahu (ada kesalahan)," kata Friska saat ditemui KOMPAS.com di salah satu hotel di Bekasi, Jumat (7/7/2017).

Friska baru menyadari ada kesalahan pencatatan nama di ijazahnya saat masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).  

"Saya tanya ke guru, bisa diganti atau tidak namanya. Kata guru namanya harus sesuai pada ijazah SD," ujarnya Friska.

Kesalahan tersebut membuat Friska harus menerima namanya menjadi Prisca dalam proses administrasi termasuk Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Namun, Friska lebih memilih mencantumkan nama sebenarnya di seragamnya.

"Di baju saya tetap pakai F. Kalau Prisca seperti nama perempuan sama sekali," tuturnya.

Soal pemberi nama Prisca, Friska mengaku belum bertemu lagi dengan sang guru. Sambil bercanda, putra dari pasangan Spenyerl Womsiwor dan Berseleni Suabey tersebut ingin meminta pertanggung jawaban sang guru.   

"Kalau nanti ketemu saya akan tanya kenapa bisa salah tulis nama saya, he-he-he," ujar Friska.

Saat ini, Friska sedang berada di Bekasi bersama tim Persipura. Tim berjulukan Mutiara Hitam tersebut akan melawan Persija Jakarta di Stadion Patriot, Sabtu (8/7/2017).


 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X