Hasil Piala Konfederasi, Jerman Menang Tipis atas Australia

Kompas.com - 20/06/2017, 00:13 WIB
Ekspresi bek timnas Jerman, Joshua Kimmich, setelah gelandang Leon Goretzka (kanan) mencetak gol ke gawang Australia pada pertandingan penyisihan Grup B Piala Konfederasi di Fisht Stadium, Sochi, Senin (19/6/2017). PATRIK STOLLARZ/AFPEkspresi bek timnas Jerman, Joshua Kimmich, setelah gelandang Leon Goretzka (kanan) mencetak gol ke gawang Australia pada pertandingan penyisihan Grup B Piala Konfederasi di Fisht Stadium, Sochi, Senin (19/6/2017).
EditorAloysius Gonsaga AE

SOCHI, KOMPAS.com - Tim nasional Jerman yang tampil di Piala Konfederasi 2017 sebagai juara Piala Dunia 2014, mengawali perjalanan mereka di Grup B dengan kemenangan tipis 3-2 atas juara Asia, Australia, di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, pada Senin (19/6/2017).

Jerman yang tampil lebih mendominasi sejak awal pertandingan memenangi pertandingan tersebut berkat gol-gol dari Lars Stindl (menit ke-5), Julian Draxler (44'-pen), dan Leon Goretzka (48'). Adapun gol balasan Australia dicetak Tom Rogic (41') dan Tomi Juric (56').

Jerman memegang kendali jalannya pertandingan sejak menit pertama. Die Mannschaft mampu menguasai 59 persen penguasaan bola.

Jumlah penguasaan tersebut juga berbanding lurus dengan peluang yang tercipta. Jerman mampu melepaskan 15 tembakan yang enam di antaranya tepat sasaran, sedangkan Australia memiliki tujuh peluang dengan dua shots on target.

Jerman sudah berhasil mencetak gol dengan cepat pada menit kelima. Umpan silang datar dari Julian Brandt dari sisi kiri pertahanan Australia berhasil disambar Lars Stindl dengan sebuah sepakan keras.

Namun, gol cepat tersebut tidak menjadi pertanda bahwa Jerman bakal menang telak dan mudah atas Australia. Socceroos mampu membalas pada menit ke-41 melalui Tom Rogic.

Berawal dari kesalahan para pemain Jerman, bola berhasil di dapat pemain Australia di lini tengah. Rogic yang menerima bola di luar kotak penalti berhasil menaklukan kiper Bernd Leno melalui tembakan kedua setelah yang pertama mampu diblok Skhodran Mustafi.

Namun sebelum babak pertama usai, Jerman mampu kembali unggul berkat gol penalti Julian Draxler pada menit ke-44. Penalti itu didapat berkat pelanggaran yang dilakukan Massimo Luongo di area terlarang.

Pada babak kedua, Jerman mampu kembali mencetak gol cepat. Laga baru berjalan tiga menit atau menit ke-48, Die Mannschaft memperbesar keunggulan berkat sepakan jarak dekat Leon Goretzka dari sudut yang sempit memanfaatkan umpan Joshua Kimmich.

Namun, Australia kembali mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-56 melalui Tomi Juric. Striker klub Swiss, Luzern, itu sukses memanfaatkan kesalahan Leno dalam menangkap bola dan terlepas di mulut gawang sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber JUARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X