Kompas.com - 29/03/2017, 14:00 WIB
Philippe Coutinho (kiri), Neymar (tengah), dan Gabriel Jesus merayakan gol tim nasional Brasil ke gawang Argentina pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di Belo Horizonte, 10 November 2016. VANDERLEI ALMEIDA/AFPPhilippe Coutinho (kiri), Neymar (tengah), dan Gabriel Jesus merayakan gol tim nasional Brasil ke gawang Argentina pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di Belo Horizonte, 10 November 2016.
|
EditorAnju Christian

KOMPAS.com - Brasil menjadi negara pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 melalui jalur kualifikasi. Hal itu dipastikan setelah serangkaian hasil zona Amerika Selatan, Selasa (28/3/2017).

Pasukan Tite meraih kemenangan 3-0 atas Paraguay di Arena Corinthians berkat lesakan Philippe Coutinho, Neymar, dan Marcelo.

Berkat hasil melawan Bolivia, Brasil memuncaki klasemen dengan koleksi 33 poin dari 14 pertandingan. Dengan empat laga sisa, mereka sudah aman di zona empat besar yang berarti lolos otomatis ke putaran final.

Baca: Alumnus Piala Dunia yang Bisa Jadi Marquee Player di Indonesia

Terbentang selisih sembilan angka dengan Kolombia di peringkat kedua, sepuluh poin atas Uruguay dan Cile, dan sebelas angka atas Argentina.

Tersisa sejumlah jadwal yang mempertemukan empat negara terakhir sehingga Brasil tak mungkin terlempar ke posisi kelima alias zona play-off.

Brasil pun meraih tiket kedua ke putaran final setelah tuan rumah Rusia yang lolos secara otomatis.

Laju Brasil ke Piala Dunia turut dipercantik dengan rantai kemenangan sebanyak delapan laga beruntun. Catatan itu merupakan rekor terbaik mereka di Kualifikasi Piala Dunia.

Rapor itu sekaligus memperbaiki kiprah tim Samba yang sempat menjalani periode negatif pada 2016, ketika tidak lolos dari fase grup Copa America.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.