Kompas.com - 03/03/2017, 08:43 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

ALKMAAR, KOMPAS.com - Gelandang Stefano Lilipaly mengaku tetap bangga terhadap pencapaian SC Cambuur di Piala Belanda atau KNVB Beker.

The Yellow Blues, julukan Cambuur, gagal ke final setelah takluk 2-3 dari AZ Almaar lewat drama adu penalti pada semifinal yang digelar di Stadion AFAS, Kamis (2/3/2017). Kedua tim harus melakoni adu penalti lantaran bermain imbang tanpa gol hingga babak tambahan.  

Rasa kekecewaan dirasakan Lilipaly karena kegagalan ini. Namun, dia tetap bangga karena timnya bisa membuat sejarah.  

"Ini merupakan kesempatan sekali dalam hidup. Kami telah mengerahkan segala kemampuan," kata Lilipaly kepada Kompas.com, Jumat (3/3/2017) pagi WIB.

"Adu penalti peluangnya 50-50 sehingga Anda harus memiliki keberuntungan. Namun, saya bangga atas pencapaian kami lolos ke semifinal. Kami telah membuat sejarah untuk klub," ujar Fano, sapaan akrabnya.

Cambuur memang baru pertama kali melangkah ke empat besar Piala Belanda. Fano menjadi salah satu algojo penalti ketika timnya memenangi laga perempat final kontra FC Utrecht, Januari lalu. 

Lilipaly bermain sebagai pemain pengganti pada menit ke-67. Gelandang tim nasional Indonesia itu pun tidak menjadi algojo penalti.

Kemenangan AZ ditentukan oleh penyelamatan gemilang yang dilakukan kiper pinjaman dari Newcastle United, Tim Krul. Dia sukses menepis penendang kelima dari Cambuur yakni Martijn Barto.

Pada babak final, AZ akan melawan Vitesse di Stadion De Kuip, Rotterdam, pada 30 April 2017.

Dibandingkan Vitesse, AZ cukup berpangalaman menjadi juara setelah empat kali mengangkat piala dari lima laga final yang dilakoni.

Sementara Vittese belum pernah merasakan gelar ini. Mereka selalu gagal dalam tiga laga final.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.