Makelele Kembali ke Premier League sebagai Asisten Pelatih

Kompas.com - 12/01/2017, 08:17 WIB
Mantan pemain tim nasional Perancis, Claude Makelele, resmi ditunjuk sebagai asisten pelatih di Swansea City, pada Rabu (11/1/2017). Dok. Swansea CityMantan pemain tim nasional Perancis, Claude Makelele, resmi ditunjuk sebagai asisten pelatih di Swansea City, pada Rabu (11/1/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

SWANSEA, KOMPAS.com - Eks gelandang tim nasional Perancis, Claude Makelele, resmi menjabat sebagai asisten pelatih di Swansea City, Rabu (11/1/2017). Ia akan mendampingi manajer Paul Clement.

Berdasarkan informasi di situs resmi Swansea, Makelele telah menyepakati kontrak hingga akhir musim di klub yang bermarkas di Stadion Liberty itu.

Clement bukanlah sosok asing bagi Makelele. Sebelumnya, keduanya pernah bekerja sama di Chelsea dan PSG.

Saat masih tergabung di PSG, Makelele dan Clement berperan sebagai asisten pelatih Carlo Ancelotti.

Makelele nantinya juga akan bekerja dengan sejumlah wajah baru di jajaran kepelatihan Swansea, seperti Nigel Gibbs, Karl Halabi, dan pelatih kiper Tony Roberts.

Laga Premier League kontra Arsenal pada Sabtu (14/1/2017) bakal menjadi pengalaman perdana Makelele sebagai asisten pelatih Swansea.

Kehadiran dia diharapkan bisa meningkatkan performa Swansea yang saat ini menduduki posisi ke-19 pada klasemen Premier League.


Kala masih bermain, Makelele dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa.

Ia mengawali karier profesionalnya di Nantes, kemudian hengkang ke Marseille (1997-1998), Celta Vigo (1998-2000), Real Madrid (2000-2003), Chelsea (2003-2008), dan pensiun di PSG (2008-2011).

Karier gemilang Makelele berlangsung dirinya membela Real Madrid dan Chelsea. Sejumlah gelar seperti La Liga, Liga Champions, Premier League dan Piala FA pernah direngkuh pria kelahiran Kinshasha, Zaire tersebut.

Selain itu, Makelele juga berkontribusi mengantarkan tim nasional Perancis sebagai runner-up pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

Posisi terakhir Makelele di dunia sepak bola adalah Direktur Teknik di klub Ligue 1, Monaco. Jabatan itu berlangsung pada Januari hingga Juni 2016.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X