Kompas.com - 02/07/2016, 23:00 WIB
Ryan Giggs memutuskan pensiun sebagai pemain. Giggs akan meneruskan karier sebagai asisten Louis van Gaal di Manchester United. AFP PHOTO / GLYN KIRKRyan Giggs memutuskan pensiun sebagai pemain. Giggs akan meneruskan karier sebagai asisten Louis van Gaal di Manchester United.
EditorJalu Wisnu Wirajati

MANCHESTER, KOMPAS.com - Ryan Giggs mengakhiri kiprahnya sebagai pemain dan pelatih di Manchester United pada Sabtu (2/7/2016) atau setelah 29 tahun mengabdi di Old Trafford.

Giggs meninggalkan Manchester United setelah klub menunjuk Jose Mourinho sebagai manajer baru menggantikan Louis van Gaal. Soal asisten pelatih, Mourinho punya preferensi pada sosok Rui Faria yang menjadi asistennya di beberapa klub.

Asisten manajer Van Gaal pada musim lalu itu pun mengucapkan salam perpisahan kepada suporter Manchester United.

"Saya kira ini momen yang tepat, sekalipun masih belum ada rencana lebih lanjut untuk terjun ke dunia manajerial. Namun, inilah yang saya inginkan," kata Giggs seperti dilansir dari BBC.

"Saat ini menjadi babak baru dan tantangan baru. Saya antusias menghadapi masa depan. Saya telah mendapatkan bekal cukup secara manajerial dibandingkan yang lain."
tuturnya lagi.

Putusan pergi dari Manchester United itu dirasa berat oleh Giggs. Maklum, dia sudah menjadi bagian dari tim sejak masih menjadi pemain akademi saat masih berusia 14 tahun pada 1987.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah 29 musim di Manchester United sebagai pemain dan asisten pelatih, saya tahu DNA kemenangan di klub ini. Klub selalu memberikan kesempatan kepada pemain muda, bermain menyerang dan atraktif," tutur Giggs di situs resmi klub.

"Bagi saya, ini adalah putusan besar meninggalkan klub yang dibela sejak usia 14 tahun. Ini merupakan putusan berat karena saya punya banyak kenangan dan pengalaman di klub ini," ujar mantan pemain tim nasional Wales itu.

Dia juga berharap Mourinho bisa sukses di Manchester United setelah dalam tiga musim terakhir tak pernah menjadi juara Premier League.

"Hanya ada beberapa pelatih pemenang untuk level tertinggi, Mourinho tak bisa dimungkiri menjadi salah satu dia antaranya. Suporter pasti akan menyambut dia," kata Giggs.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.