Italia Menjadi Ujian Terberat bagi Jerman

Kompas.com - 01/07/2016, 09:03 WIB
Reaksi gelandang Jerman, Toni Kroos, saat melawan Hungaria pada uji coba di Veltins Arena, 4 Juni 2016. PATRIK STOLLARZ/AFPReaksi gelandang Jerman, Toni Kroos, saat melawan Hungaria pada uji coba di Veltins Arena, 4 Juni 2016.
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Gelandang timnas Jerman, Toni Kroos, mengakui Italia akan menjadi ujian terberat bagi mereka pada ajang Piala Eropa 2016. Meskipun demikian, pemain tengah Real Madrid ini tetap optimistis mengenai peluang Der Panzer.

Jerman dan Italia akan saling membunuh pada babak perempat final di Matmut Atlantique, Perancis, Sabtu (2/7/2016) malam waktu setempat atau Minggu dini hari WIB. Jerman menghadapi laga sulit ini dengan modal sangat bagus lantaran gawang Manuel Neuer belum kebobolan sejak fase grup hingga babak 16 besar.

Inilah yang membuat Kroos cukup yakin mereka bisa menghentikan laju Italia, yang menelan kekalahan pada laga terakhir fase grup, sebelum menang 2-0 atas juara bertahan, Spanyol, pada babak 16 besar.

"Saat ini kami berada dalam kondisi yang sangat bagus dan tentu saja sangat penting meraih kemenangan atau turnamen ini berakhir bagi kami," ujar mantan pemain Bayern Muenchen tersebut dalam jumpa pers.

"Italia akan menjadi lawan terberat yang harus kami hadapi sejauh perjalanan turnamen ini dan merupakan ujian terberat. Lihat saja bagaimana Italia bermain dan mereka sulit dilawan. Mereka memiliki kontrol diri yang hebat dan ketenangan. Tetapi saya optimistis menghadapi perempat final ini."

Memang, Jerman belum mendapatkan lawan yang berat sejak awal turnamen ini. Pada fase grup mereka menang 2-0 atas Ukraina, kemudian ditahan 0-0 oleh Polandia dan menang tipis 1-0 atas Irlandia Utara. Pada babak 16 besar, pasukan Joachim Loew ini melibas Slowakia 3-0.

Sementara itu Italia melewati rintangan yang lebih berat untuk menjejakkan kakinya di perempat final. Pada fase grup, tim besutan Antonio Conte ini menang telak 2-0 atas Belgia, kemudian menaklukkan Swedia 1-0 dan kalah 0-1 dalam laga terakhir melawan Irlandia.

Lolos sebagai juara Grup E, Italia harus menghadapi lawan berat pada babak 16 besar, yakni Spanyol. Sang juara bertahan di luar dugaan lolos dengan status runner-up Grup D setelah kalah 1-2 dari Kroasia pada laga pamungkas. Di luar dugaan, Italia bermain sangat impresif sehingga menyingkirkan Spanyol dengan skor 2-0 dan berhak maju ke perempat final.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X